Seorang Kasi di Disdukcapil Lingga Ini Buat Warga Kecewa, Kenapa?

Seorang Kasi di Disdukcapil Lingga Ini Buat Warga Kecewa, Kenapa?

Pelayanan di Disdukcapil Lingga (Foto:Ist)

Lingga - Kepala Seksi (Kasi) Identitas Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga, Eva Yusnita dinilai tidak mencerminkan sikap yang baik saat melayani warga yang ingin mengurus administrasi kependudukan, Senin (24/9/2018).

Wanita tersebut melontarkan kata-kata dengan nada tinggi kepada salah seorang warga yang ingin mengurus Kartu Keluarga (KK) yang anomali, karena dinilai melangkahi desa tempat warga tersebut tinggal.

Karena hal itu, warga sebagai pemohon tersebut mengaku kecewa atas pelayanan yang diberikan Disdukcapil karena tidak mencerminkan sikap dan tupoksinya sebagai pelayan masyarakat.

"Saya merasa kecewa dengan pelayanan ini. Seharusnya, walaupun saya salah, bisa diberitahukan dengan baik. Bukan dengan nada tinggi seperti itu," kata pemohon yang diketahui bernama Arpa itu kepada Batamnews.co.id, Senin (24/9/2018).

Dia menilai, karena tupoksinya di bidang pelayanan, harusnya memberikan penjelasan kepada warga dengan sopan. Bukan malah menyalahkan.

"Sebelumnya saya juga sudah konfirmasi terkait hal ini. Makanya langsung ke Capil. Kalau protapnya lewat desa dikasih, untuk apa kita ke Dabo, buang-buang duit. Kan mereka sudah ada petugas register. Karena sudah konfirmasi makanya saya urus langsung," ujarnya.

Arpa mengaku, harusnya sebagai pelayan masyarakat, petugas harus bersikap sopan santun. Bukan malah membentak ataupun mengeluarkan nada tinggi.

"Masyarakat butuh pelayanan. Kita tertib administrasi. Dia pelayan warga loh. Bank saja kalau berkas kita ada yang kurang, masih enak kita dengar pengarahannya. Bikin motivasi untuk kita melengkapi. Kalaupun memang ada masalah, jangan dibawa-bawa ke ranah kerja. Kasihan masyarakat," ucapnya.

Dia mengaku, karena tutur bahasa yang dikeluarkan terbilang tinggi, dapat membuat masyarakat down. Dengan demikian, ia berharap Disdukcapil dapat mengubah sistem pelayanan dengan lebih baik, terutama dalam bertutur kata dengan pemohon.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews