Bintan Ditantang Kembangkan Produk Unggulan Hadapi MEA

Bintan Ditantang Kembangkan Produk Unggulan Hadapi MEA

Soerya resmikan gedung Dekranasda Bintan

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo meresmikan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan UMKM Centre Kabupaten Bintan, Selasa (5/5/2015).

Gedung Dekranasda tersebut merupakan gedung bekas pelaksanaan MTQ Bintan. Soerya mengatakan, gedung Dekranasda yang diresmikan tersebut sangat bagus dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama pelaku usaha mikro maupun menengah.

"Pelaku usaha bisa belajar mengembangkan usahanya di sini, karena ada pelatihan-pelatihan yang akan diberikan," ucapnya.

Selain itu, lanjut Soerya, pemanfaatan gedung Dekranasda ini sangat berperan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha, apalagi pada Desember 2015 Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Dengan begitu, Bintan juga akan berhadapan langsung dengan pekerja berbagai profesi dari luar Indonesia.

" Problem menghadapi MEA, bagaimana kita bisa menghadapi warga dari negara ASEAN masuk ke daerah kita, ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk meningkatkan kualitas," ujarnya.

Suryo berpesan, dalam menghadapi MEA, Pemkab Bintan harus memperhatikan produk-produk unggulan yang telah dikenal di level nasional maupun mancanegara.

Termasuk kemungkinan masih ada beberapa produk yang belum memiliki hak paten usahanya, sebab dalam menghadapi MEA bisa saja pelaku usaha luar yang bandel mengambil produk Bintan untuk di patenkan.

Bupati Bintan Ansar Ahmad mengatakan, keberadaan gedung ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan  dan kapasitas pelaku usaha agar berkembang, dan perekonomian mereka meningkat.

"Ini adalah keseriusan Pemkab Bintan untuk meningkatkan usaha pelaku usaha, serta menggali potensi yang tidak bernilai hingga menjadi bernilai bila dibuat oleh pelaku usaha," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews