Penilaian Akreditas Kesehatan

Kemenkes Cek Pelayanan Puskesmas Toapaya

Kemenkes Cek Pelayanan Puskesmas Toapaya

Foto: Ary/Batamnews

Bintan - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melakukan pengecekan langsung ke Puskemas Kecamatan Toapaya, Bintan, Rabu, (19/9/2018).

Pengecekan ini dilakukan sebagai tindaklanjut proses penilaian akreditasi terhadap pusat pelayanan kesehatan tingkat kecamatan.

Plt Kepala Puskesmas Toapaya, dr Yosi mengaku Tim Surveyor Akreditasi FKTP turun langsung melihat secara dekat, bagaimana pelayanan yang diberikan pihak puskesmas kepada masyarakat.

"Tim dari Kemenkes langsung memantau pelayanan yang ada di puskesmas. Mereka akan melakukan penilaian selama tiga hari," ujar Yosi.

Akreditasi ini, kata Yosi, akan diberikan sesuai standar yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI. Jadi pelayanan puskesmas akan dinilai langsung dari 19-21 September 2018. Setelah itu akan ditentukan tingkat kelulusan akreditasinya.

Setahu dia, ada tiga hal yang akan menjadi penilaian dalam akreditasi. Mulai dari sistem administrasi, sistem pelayanan serta upaya keterlibatan masyarakat di bidang kesehatan.

"Kamo optimis Puskesmas Toapaya mampu memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk mendapatkan akreditas tersebut," jelasnya.

Pelayanan di puskesmas ini termasuk paling padat. Dalam sehari bisa melayani 34 pasien, jadi dalam sebulan mencapai 90 pasien.

"30-40 persen pasien yang berobat disini menggunakan program kesehatan gratis dengan syarat KTP Bintan. Sisanya menggunakan program BPJS," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews