Planet Vulcan di Film Fiksi Star Trek Ditemukan

Planet Vulcan mengorbit bintang 40 Eridani A (Foto: vva.co.id)

BAGI penggemar film Star Trek, pasti ingat dengan Planet Vulcan. Beberapa karakter dalam film fiksi tersebut berasal dari Planet Vulcan.Planet fiksi dalam film tersebut ternyata direspons serius oleh beberapa ilmuwan.

Pada 1991, pencipta seri dan naskah film, Gene Roddenberry dan tiga astronom membuat sebuah prediksi mengenai keberadaan Planet Vulcan. Mereka berpikir serius.

Setelah beberapa dekade lewat, apa yang mereka katakan sebagian besar mulai mendekati kenyataan.

Dikutip dari laman Slash Gear, Rabu 19 September 2018, film fiksi Star Trek memiliki karakter Spock yang berasal dari Planet Vulcan yang mengorbit di sekitar bintang 40 Eridani A.

Pada 1991, Roddenberry dan astronom di Center Harvard Smithsonian jurusan Astrofisika, menulis surat kepada Sky and Telescope, mereka menyatakan bintang 40 Eridani A kemungkinan akan menjadi bintang Planet Vulcan.

Perkiraan usianya mencapai 4 miliar tahun. Ide tersebut datang karena setiap planet yang mengorbit di bintang ini, akan memiliki cukup waktu untuk berevolusi.

Hampir 30 tahun kemudian, prediksi itu telah terbukti akurat. Planet jenis super Bumi itu ditemukan mengorbit bintang 40 Eridani A.

Penemuan ini dilakukan oleh Dharma Planet Survey, yang melibatkan teleskop 50 inci. Ia mencari kilatan cahaya bintang yang bisa menunjukkan keberadaan planet. Dan ternyata, planet yang ditemukan mengorbit 40 Eridani A diperkirakan memiliki antara 8 dan 9 kali massa Bumi, serta dua kali radiusnya. Planet ini mengorbit induknya selama 42 hari dan berada sedikit di dalam zona 40 Eridani, dan membuat planet tersebut cukup panas.

(aiy)