Tak Hanya Kotor, Sampah Dapat Timbulkan Penyakit Dalam Diri

Tak Hanya Kotor, Sampah Dapat Timbulkan Penyakit Dalam Diri

Danramil 05/Daik Lingga bersama anggota Polsek Daik Lingga melakukan gotong royong bersih-bersih sampah di Pancur beberapa waktu lalu (Foto:Ist)

Lingga - Kesadaran akan kebersihan di Indonesia terbilang cukup memprihatinkan. Begitu juga dengan kondisi di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Lingga, salah satunya di Kelurahan Pancur, Kecamatan Lingga Utara.

Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut masih rendah. Dengan begitu, di wilayah pesisir ini jika air laut pasang, banyak sampah yang naik ke daratan, sehingga saat air kembali surut sampah tersebut mulai berserakan.

Danramil 05/Daik, Kapten Inf T. Telaumbanua mengatakan, sikap peduli terhadap lingkungan sekitar dari sampah yang dapat mengganggu kenyamanan, perlu ditanamkan sejak dini, terutama pada diri anak-anak.

Anak-anak harus senantiasa diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga, menjadi bekal bagi anak tersebut untuk selalu hidup bersih.

"Gotong royong membersihkan sampah yang ada disekitar pemukiman itu penting sekali, terutama untuk mengajak anak-anak kita agar mereka peduli terhadap masalah kebersihan baik di rumah dan di lingkungan tempat tinggalnya," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (18/9/2018).

Menurutnya, kepedulian terhadap kebersihan mulai dari kebersihan diri sampai pada kebersihan lingkungan sangat perlu, karena dapat memberikan kesadaran agar selalu menciptakan lingkungan yang bersih.

"Tujuan dari membuang sampah pada tempatnya, kemudian menjaga lingkungan agar selalu bersih ini tidak lain untuk menjaga kesehatan kita bersama, karena dampak dari sampah ini akan menimbulkan penyakit pada diri kita," katanya.

Dengan demikian, ia berharap masyarakat Lingga dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan dapat terjaga dengan baik serta dapat menciptakan lingkungan yang asri.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews