Ini Dia 5 Negara yang Tak Punya Utang Luar Negeri

Ini Dia 5 Negara yang Tak Punya Utang Luar Negeri

Ilustrasi

Jakarta - Hampir semua negara di dunia memiliki utang dengan rasio utang terhadap GDP yang berbeda-beda. Termasuk negara besar seperti Amerika Serikat.

Meski banyak negara memiliki utang, tapi ada juga negara-negara yang tidak memiliki utang luar negeri. Tentu saja karena uang negaranya sudah cukup.

Negara mana saja? Berikut ulasan merdeka.com seperti dikutip dari debtacademy.com, Senin (17/9):

1. Brunei Darussalam

Sejak 1984, Brunei resmi menjadi sebuah negara. Sebagian besar penduduknya terlibat dalam industri minyak dan gas.

Sebanyak 2 persen adalah lahan pertanian di Brunei. Negara ini memiliki kedekatan dengan Laut Cina Selatan, yang menghubungkan Pasifik dan Samudera Hindia dan 90 persen dari PDBnya terdiri dari produksi gas.

2. Liechtenstein

Negara ini berbatasan dengan Swiss dan Austria, dengan populasi sekitar 35.000 orang. Negara kecil ini memiliki luas 62 mil persegi. Secara ekonomi, Liechtenstein termasuk negara yang mandiri. 

Meskipun menjadi negara kecil ke-6 di dunia, tapi Liechtenstein mampu menunjukkan ekonomi yang kuat di negaranya, dan tingkat pengangguran terendah di dunia. 

Tak hanya itu saja, Liechtenstein dipenuhi dengan hutan, kastil, dan gunung yang indah. Ini adalah salah satu daya tarik wisata yang paling menarik perhatian wisatawan di Liechtenstein.

3. Macao

Menurut Economic Intelligence Unit (EIU), Macao adalah negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Bahasa utama yang diucapkan adalah bahasa Portugis dan Kanton. 

Sekitar 50 persen penduduknya beragama Budha. Pernah ke sana?

4. Kepulauan Virgin Britania Raya

Wilayah ini biasa dikenal The Virgin Islands. Daerah ini adalah wilayah luar negeri dan non-kedaulatan Inggris. 

The Virgin Islands adalah wilayah yang mandiri dan memiliki sekitar 60 pulau kecil. Kepulauan Virgin Britania Raya memiliki anggapan sebagai salah satu wilayah paling makmur di Kepulauan Karibia.

5. Palau

Negara ini terletak di sebelah barat Samudera Pasifik. Palau adalah negara kepulauan yang memiliki 500 pulau.

Negara eksotis ini terkenal merupakan negara wisata air seperti scuba diving dan snorkling. Mayoritas penduduk Palau merupakan mikronesia dengan pencampuran melayu dan melanesia, Amerika, China dan Filipina. Penduduk negara ini hanya 20.918 jiwa.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews