Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu nih

Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu nih

Ilustrasi

Batam - Homeschooling adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan/informal, cara lain mendapatkan pendidikan anak dan dinilai legal secara negara. Artinya, anak yang mengikuti program ini akan mendapatkan ijazah sepeti pada sekolah formal.

Homeschooling banyak menjadi pilihan untuk mereka yang kurang puas dengan kurikulum sekolah atau mereka yang cukup sibuk. Tapi sebelum memutuskan untuk bersekolah secara homeschooling, orang tua harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari sekolah ini.

Kelebihan dari homeschooling di antaranya sebagai berikut :

1. Satu murid dan satu guru

Guru bisa memberikan perhatian ekstra pada muridnya, sehingga lebih mudah untuk mengetahui apakah murid sudah paham atau belum.

2. Jadwal yang fleksibel

Homeschooling sangat tepat untuk mereka yang memiliki kegiatan yang cukup sibuk. Sekolah dengan cara ini juga kerap menjadi pilihan untuk mereka yang bekerja di dunia entertainment.

3. Belajar untuk pengetahuan bukan nilai

Homeschooling menawarkan pemahaman yang mendalam dari suatu materi. Bukan hanya semata-mata karena mengejar nilai.

4. Lingkungan belajar yang aman

Salah satu alasan orang tua menyekolahkan anak secara homeschooling adalah ketakutan akan lingkungan sekolah yang kurang aman dan tidak kondusif. Termasuk banyaknya kasus bullying yang mengkhawatirkan.

Di samping itu, homeschooling juga miliki beberapa kekurangan, seperti:

1. Mahal

Biaya homeschooling lebih mahal dari sekolah biasa. Kamu bisa membandingkan selisih harganya yang cukup signifikan.

2. Suasana yang membosankan

Jika di sekolah biasa anak bisa mengikuti kegiatan lain selain belajar mengajar, untuk homeschooling tidak demikian. Anak tidak bisa mengikuti kegiatan atau menikmati beberapa festival sekolah.

3. Kurang sosialisasi

Anak menjadi kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya. Beberapa anak bisa memiliki ego yang lebih besar dari kebanyakan teman seusianya.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews