Aplikasi Go-Jek Tak Terintegrasi dengan Go-Viet, Kenapa?

Aplikasi Go-Jek Tak Terintegrasi dengan Go-Viet, Kenapa?

Go-Viet

Jakarta - Go-Viet menjadi bagian dari Go-Jek. Meski begitu, aplikasi keduanya tidak saling terintegrasi.

Ini berbeda dengan aplikasi Grab dan Uber. Kedua aplikasi ini masih bisa digunakan di luar negara pengguna selagi layanannya tersedia.

Adapun Go-Jek, aplikasinya tidak bisa digunakan untuk memesan Go-Viet. Jadi penggunanya harus menginstal aplikasi Go-Viet jika ingin menggunakan layanan. Rupanya hal ini tidak terlepas dari visi Go-Jek saat ekpansi ke Vietnam.

"Kami ingin melokalisasi aplikasi. Kami ingin memberi pengalaman yang terbaik kepada pengguna dengan menghadirkan aplikasi lokal," kata Nila Marita, Chief Corporate Affairs Go-Jek, saat berbincang di Hanoi.

Meski begitu, bukan berarti tidak akan ada integrasi sama sekali antara aplikasi Go-Jek dan Go-Viet. Sinyal tersebut dihembuskan oleh Founder dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim.

"Harapan saya begitu (terjadi integrasi)," kata Nadiem saat sesi tanya jawab usai peluncuran Go-viet.

Diberitakan sebelumnya, Go-Viet merupakan jelmaan Go-Jek di Vietnam. Tapi Go-Viet ditegaskan sebagai perusahaan Vietnam.

CEO Go-Viet, Nguyen Vu Duc, mengungkap format bisnis yang kedua belah pihak jalankan. Go-Viet merupakan kolaborasi antara tim lokal Vietnam dengan Go-Jek. Peran Go-Jek sendiri memberi dukungan teknologi dan investasi.

"Go-Jek memberikan kami saran, tapi kami sendiri yang membuat keputusan. Kami bukan unit bisnis (dari Go-Jek), Go-Viet adalah perusahaan Vietnam," kata Duc.

Go-Viet mulai beroperasi awal Agustus lalu. Ho Chi Minh dipilih menjadi kota pertama karena menjadi pusat bisnis. Selang sebulan, Go-Viet merambah Hanoi.

Saat ini Go-Viet memiliki 25 ribu driver. Ada dua layanan yang tersedia, yakni Go-Ride dan Go-Send. Tapi ke depan bakal ada banyak layanan lain yang dihadirkan.

"Go-Viet akan menjadi platform yang menghadirkan banyak layanan lokal. Kami harus memenuhi kebutuhan masyarakat Vietnam," kata Duc.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews