Ini 5 Alasan Mengapa Masih Muncul Jerawat Walau Sudah Merawat Kulit

Ini 5 Alasan Mengapa Masih Muncul Jerawat Walau Sudah Merawat Kulit

Ilustrasi

Jakarta - Ternyata, rajin merawat kulit atau tidak, tidak selalu menjadi momok dalam urusan jerawat. Ada faktor lain yang sepertinya jarang diperhatikan.

Selain genetika, ada beberapa hal mengejutkan lainnya yang ternyata dapat menyebabkan munculnya jerawat. Dilansir dari self.com, Rabu (12/9/2018), berikut ini adalah beberapa alasan jerawat tetap muncul, walaupun Anda sudah rajin merawat kulit.

1. Menggunakan tabir surya yang salah

Anda mungkin telah memahami pentingnya menggunakan tabir surya secara rutin. Namun, apakah Anda juga tahu bahwa ada beberapa kandungan tabir surya yang bisa menyumbat pori-pori?

Jika Anda memiliki kulit berminyak, penting untuk menghindari produk yang mengandung minyak dan usahakan untuk selalu memilih produk berlabel "noncomedogenic." Produk tersebut biasanya memang dibuat untuk kulit berjerawat, mengandung bahan seperti niacinamide, yang merupakan anti inflamasi untuk membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat.

2. Es krim

Tahukah Anda bahwa produk susu dapat memicu tumbuhnya jerawat, bahkan jika Anda tidak toleran terhadap laktosa atau tidak memiliki alergi susu sekali pun. Para peneliti percaya ini mungkin disebabkan oleh hormon di dalam susu, sehingga penting untuk memilih produk susu bebas lemak.

3. Mandi air panas

Mandi air panas dapat mengeringkan kulit dan memperburuk keadaan jerawat Anda. Cobalah mandi dengan suhu air yang sejuk, lebih lembut untuk kulit Anda.

Selain itu, kandungan minyak tertentu dalam sampo dan kondisioner yang Anda gunakan dapat secara diam-diam memicu jerawat di tubuh, terutama daerah punggung. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mencuci rambut sebagai langkah terakhir dalam rutinitas mandi Anda.

4. Tidak membersihkan diri setelah olahraga

Menghilangkan keringat setelah olahraga adalah ide yang baik, terutama ketika tubuh dan pakaian Anda telah basah oleh keringat. Tidak membersihkan diri setelah olahraga berisiko besar untuk tumbuhnya jerawat di tubuh dan kulit wajah.

5. Headphone

Mendengarkan musik sepanjang perjalanan yang jauh bukan ide yang buruk. Namun, terus- menerus mengenakan headphone bisa memicu munculnya jerawat di kulit wajah Anda. Keringat dan bakteri dapat berkumpul di sekitar tempat Anda mengenakan headphone, mengompres kulit.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews