Jakarta - Singapura, Rute Penerbangan Tersibuk Kedua di Dunia

Jakarta - Singapura, Rute Penerbangan Tersibuk Kedua di Dunia

Ilustrasi

Batam - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) menobatkan rute penerbangan Jakarta - Singapura sebagai rute tersibuk kedua di dunia. Rute tersebut telah mengangkut 3,3 juta penumpang pada tahun 2017.


Sementara, untuk rute tersibuk pertama ditempati oleh rute Hong Kong - Taipei Taoyuan dengan 5,4 juta penumpang.

Selanjutnya tempat ketiga, diisi rute Bangkok Suvarnabhumi - Hong Kong 3,1 juta penumpang dan diikuti Kuala Lumpur - Singapura 2,8 juta penumpang dan Hong Kong - Seoul Incheon 2,7 juta penumpang.

‎IATA mengatakan, jumlah penumpang pesawat pada 2017 juga mengalami kenaikan. Hal ini karena, ekonomi global yang meningkat dan harga tiket yang turun di tahun tersebut.

"Peningkatan dalam layanan langsung meningkatkan efisiensi industri dengan memangkas biaya dan menghemat waktu bagi para wisatawan," kata IATA seperti dilansir dari The Malaysia Reserve, Kamis (13/9/2018).

IATA mengungkapkan, maskapai penerbangan Asia Pasifik juga memegang pangsa pasar penerbangan. Pada tahun 2017, maskapai-maskapai di Asia Pasifik mengangkut 1,5 miliar penumpang atau mengambil pangsa pasar 36,3 persen.

Wilayah Eropa berada di urutan kedua dengan 26,3 persen pangsa pasar dengan 1,1 miliar penumpang. Sedangkan, Amerika Utara dan Amerika Latin masing-masing menyumbang 23 persen atau 941,8 juta penumpang dan 7 persen atau 286,1 juta penumpang.

Sementara, Lima maskapai yang mengangkut penumpang terbanyak diantaranya, American Airlines Inc (324 juta), Delta Air Lines Inc (316,3 juta), United Airlines Inc (311 juta), Emirates Airline (289 juta) dan Southwest Airlines Co (207,7 juta).

(*)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews