Jalan Santai HUT ke-73 PMI

PMI Natuna Siapkan SDM Kompeten Tunjang Tranfusi Darah

PMI Natuna Siapkan SDM Kompeten Tunjang Tranfusi Darah

Gelaran jalan santai PMI Natuna di kompleks Masjid Agung Natuna diikuti ratusan pelajar, Selasa (11/9/2018) pagi. (Foto: M. Rozali/Batamnews)

Natuna - Palang Merah Indonesia (PMI) cabang kabupaten Natuna mengelar kegiatan jalan santai dan diskusi bersama dalam rangka memperingati HUT ke-73 PMI ke 73. 

Kegiatan yang dipusatkan di komplek Masjid Agung Natuna ini diikuti 100 pelajar lintas sekolah. Selasa (11/9/2018) pagi 

"Hari ini kami memperingati HUT PMI ke 73. Kami ingin terus berbenah agar PMI lebih kuat ke depannya," kata Ketua PMI Natuna, Ngesti Yuni Suprapti di Sekretariat PMI, Komplek Masjid Agung Natuna.

Saat ini kata Ngesti, berbagai upaya sudah dilakukan PMI Natuna dalam mengambil sejumlah langkah berupa penyiapan sarana dan penyiapan SDM.

"Langkah pertama yang diambil adalah menyiapkan SDM. Langkah ini disasar melalui sosialisasi dan pembinaan terhadap pelajar sebagai generasi PMI ke depan. Tahun ini PMI Natuna juga akan menyekolahkan tiga orang generasi PMI untuk mengikuti Akademi Transfusi Darah di Jakarta dan Jogjakarta," jelasnya.

Selain langkah ini, PMI Natuna juga berkoordinasi dengan setiap desa agar mereka dapat menyiapkan relawan pendonor di desa masing-masing.

"Kami juga berupaya melengkapi sarana. Kami ingin bisa melakukan transfusi darah sendiri sesusai dengan yang diamanatkan undang-undang," kata Wanita yang kesehariannya sebgai Wakil Bipat Natuna itu.

Ia mengaku, saat ini PMI hanya bisa menyediakan relawan donor darah, merekrut dan membina relawan, selebihnya kegiatan penyediaan darah dilaksanakan oleh RSUD Natuna.

"Kami belum bisa melakukan transfusi darah karena kami belum ada alat dan ahlinya untuk itu. Dan ini lah yang jadi target kami ke depan, agar transfusi tidak hanya dilakukan RSUD," jelasnya.

Sesuai data milik RSUD Natuna dan PMI, Natuna rata-rata perbulan memerlukan darah sebanyak 120 kantong. Sementara jumlah pendonor aktif di Natuna sebanyak 40 orang.

"Fokus kami untuk tahap pertama ini diprioritaskan untuk peningkatan SDM. Bulan ini kami akan mengirim anggota ikut pelatihan ke Jatiluhur. Mudah-mudahan dengan ini PMI jadi lebih kuat, di Natuna," harapnya. 

(jmm)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews