Batu Akik Jenis Spritus Sedang Naik Pamor, Harganya Bikin Kaget

Batu Akik Jenis Spritus Sedang Naik Pamor, Harganya Bikin Kaget

Batu akik Spritus dari Baturaja. (foto: ist/rima)

BATAMNEWS.CO.ID - Batu akik jenis spritus atau biru langit di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, saat ini menjadi barang langka dan harganya melejit.

"Untuk mencari batu spritus kualitas super itu sangat susah, kalaupun ada harganya mencapai puluhan juta rupiah," kata Yansa seorang pengrajin batu akik di Baturaja, Jumat (1/5/2015) seperti dilansir rimanews.

Dia mengatakan, lokasi batu spritus saat ini hanya ada di satu tempat yakni di Desa Simpang Empat Kecamatan Lengkiti berjarak sekitar 80 kilometer atau perjalanan darat menggunakan mobil 1,5 jam dari Kota Baturaja.

Selain itu, untuk memperoleh batu mulia warna biru itu, penambang harus menggali sampai kedalaman tanah hingga lima meter. "Itupun belum tentu mendapat batu berkualitas tinggi. Bahkan, tak jarang batu spritus tidak didapat," katanya.

Hal senada dikatakan Herry penggali batu akik jenis spritus lainnya bahwa selama menjadi penggali batu belum pernah mendapatkan batu spritus kualitas super, dan hanya batu standar-standar saja.

"Dapat yang standar saja saya sudah bersyukur, karena harganya sekarang sejak langka itu dihargai hingga jutaan rupiah," jelasnya.

Dia mengemukakan, untuk menggali di lahan lokasi bahan spritus ia menyewa dengan warga setempat sebesar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu setiap meternya.

Harga sewa ini bervariasi, ada juga Rp 8.000.000 hingga Rp 10.000.000 untuk satu kali menggali lahan berukuran 20 meter x 20 meter, dan syaratnya hanya boleh menggali sedalam lima meter.

"Warga tidak mau lagi memperjualbelikan lahan mereka. Sekarang hanya untuk disewakan saja," katanya.
 
(ind/bbs/rn)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews