Ini Inovasi Dinas Perpustakaan Tanjungpinang Tarik Minat Baca

Ini Inovasi Dinas Perpustakaan Tanjungpinang Tarik Minat Baca

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Wan Samsi. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Jumlah pengunjung perpustakaan kota Tanjungpinang terus bertambah setiap tahun. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang melakukan beberapa terobosan dan inovasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Wan Samsi menuturkan, salah satu terobosan untuk mendongkrak jumlah pengunjung yakni dengan antar jemput gratis bagi para pelajar TK, SD, SMP dan SMA.

"Jumlah kunjungan perpustakaan kita sudah mencapai 38 ribu, bagaimana kehadiran perpustakaan ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat," kata Wan Samsi, Jumat (7/9/2018).

Perpustakaan menurutnya tak hanya hadir sebagai tempat baca buku saja, tapi sekarang ada program literasi masyarakat dimana masyarakat datang membaca, memahami bacaannya, mempraktekkan dan mendapatkan penghasilan.

"Mendapatkan uang untuk meningkatkan kesejahteraannya, jadi gitu polanya sekarang," katanya.

Wan Samsi mengatakan, pihaknya juga telah membentuk inovasi rumah baca pantai dengan memanfaatkan view laut di belakang kantornya itu untuk menarik minat baca.

"Kan bisa lihat kepal Ferry lewat, dan sunset pulau penyengat pada saat mata hari terbenam, sekarang alhamdulilah kunjungan mahasiswa mengerjakan tugasnya lebih senang disana,"ujarnya.

Selain itu kata Wan Samsi, para pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang ada di perpustakaan seperti wifi, dan transportasi antar jemput, dan pihaknya juga memberikan bonus bagi para pengunjung terbanyak.

"Jadi nanti siapa yang banyak berkunjung kita berikan dia hadiah, dan bagi tingkat sekolah yang rajin berkunjung kita juga berikan penghargaan hadiah," sebutnya.

Ia menjelaskannya, jumlah buku di perpustakaan saat ini ada sebanyak 31 ribu terdiri dari 10 ribu judul. Buku tersebut ditempatkan di rumah baca pantai sebanyak 1.000 judul. 

"Tak hanya itu, kami juga sudah membuat ruangan khusus untuk disabilitas sebab selama ini mereka naik ke atas lantai dua," jelasnya.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews