Percetakan Sawah di Desa Sungai Besar Butuh Saluran Irigasi

Percetakan Sawah di Desa Sungai Besar Butuh Saluran Irigasi

Plt Camat Lingga Utara, Kimat Awal (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Lahan percetakan sawah di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, seringkali mengalami kekeringan saat musim panas tiba. Pasokan air yang tersedia belum mampu mengaliri sawah tersebut.

"Sawah Sungai Besar masih butuh saluran irigasi. Terkait hal ini sudah kami sampaikan ke pemerintah daerah, dan kami pun sudah sampaikan juga ke desa untuk meminta supaya Pemda dapat membangun irigasi di sawah ini," kata Pelaksana tugas (Plt) Camat Lingga Utara, Kimat Awal kepada Batamnews.co.id, Rabu (5/9/2018).

Dia menilai, ketersediaan saluran irigasi sangat menentukan perkembangan sawah tersebut sehingga dapat memberikan hasil yang memuaskan.

"Kami berharap pemerintah jangan melepaskan ini begitu saja. Bimbing kami lagi, kami perlu bimbingan untuk mengembangkan sawah ini," ujarnya.

Informasi yang diperoleh Batamnews.co.id di lapangan, lahan percetakan sawah di Desa Sungai Besar belum dikelola sepenuhnya sehingga sebagian mulai ditumbuhi semak belukar.

"Bukan tidak jalan, berapa bulan yang lewat itu jalan, mungkin karena kondisi tanah belum memungkinkan, dan proses yang lain. Tapi nanti akan ada sentuhan-sentuhan, terutama kami dari kecamatan sudah bekerjasama juga dengan desa," ucap Kimat.

Maka, untuk mengolah lahan tersebut, ia menyarankan kepada penggerak PKK setempat untuk turun ke sawah memanfaatkan waktu kosong dengan bercocok tanam padi.

"Alangkah baiknya ini dikelola karena sudah diberi oleh daerah oleh Pak Bupati. Jadi tinggal masyarakat lah yang memanfaatkan. Sayang kalau dibiarkan," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews