Kemenpar Apresiasi BP Batam Gairahkan Pariwisata

Kemenpar Apresiasi BP Batam Gairahkan Pariwisata

Guntur Sakti (Foto: Johannes/Batamnews)

Batam - BP Batam belakangan ini gencar menggelar event-event besar. Beberapa diantaranya sukses mendatangkan wisatawan asing.

Deputi V BP Batam Irjen Bambang Purwanto dalam sebuah kesempatan menyampaikan, event-event yang digelar tersebut cukup efektif mendatangkan wisatawan dan menggerakkan ekonomi para pelaku usaha ekonomi kecil dan menengah.

"Wisatawan Singapura yang tadinya cuma mau belanja ke Batam, memperpanjang liburannya, selain itu juga omzet pedagang kecil dan menengah cukup luar biasa," ujar Bambang saat berbincang dengan batamnews.co.id beberapa waktu lalu. 

Kegiatan tersebut diapresiasi Kementerian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri.

Kepala Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kementerian Pariwisata dan Kepala Dinas Pariwisata  Kepulauan Riau Guntur Sakti mengatakan, event-event yang digelar tersebut sangat positif dan membantu menggairahkan Batam.

Guntur mengungkapkan tak ada yang perlu dipermasalahkan mengenai BP Batam ikut menggarap dan menggairahkan pariwisata. Apalagi dalam pembentukan BP Batam, poin itu sudah termasuk di dalammnya.

“Mungkin dari Pemerintah Kota anggarannya kecil, ditopang oleh BP Batam, tidak ada salahnya. Niatnya menggairahkan dulu pariwisata itu menjadi atmosfir baru di Batam,” ujar Guntur saat menggelar Workshop Sosialisasi Kebijakan Kemenpar kepada media di Radisson Golf & Convention Center, Batam, Jumat malam (31/8/2018). 

Guntur menyebutkan, apakah event itu bisa mendongkrak kedatangan wisman, dia belum mendapatkan datanya, namun pastinya hal itu mendapat nilai tambah bagi Batam.

“Tetapi kalau even-event yang digelar itu ada ekonomi valuenya, ada culture valuenya, ada news veluenya ya Alhamdulillah. Jadi Pak Menteri selalu ngomong, kejar tiga ini,” kata dia.

Menanggapi keinginan BP Batam yang juga ingin berkecimpung di sektor pariwisata, meskipun dari kementerian tetap diserahkan ke Pemko Batam. Menurut Guntur apabila dikerjakan bersama-sama akan lebih baik.

“Bagi-bagi aja. Misalnya Pemko tidak ada duit, BP bantu duit. Kalau Pemko tidak ada infrastruktur, BP yang maju. Tujuannya kan sama,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar yang turut hadir menambahkan, keinginan BP Batam dalam memajukan pariwisata di Kota Batam mungkin dikarenakan wajah-wajah baru. “Jadi masih bersemangat,” katanya.

Buralimar menyebutkan, dia dan BP Batam sudah berkordinasi untuk membahas event-event yang akan digelar BP tahun depan secara matang.

“Untuk event-event kedepannya, kita minta kepada BP Batam untuk bisa masuk ke kalender event (Kepri) sehingga bisa disinkronkan, tapi karena ini baru, tidak ada masalah,” kata dia.

Menurut Buralimar, event-event tersebut tidak dapat dipungkiri bisa mendatangkan wisatawan.

Saat ini Kementerian pariwisata memberikan target kunjungan Wisman kepada Kepri sebanyak 3,5 juta kunjungan. Sedangkan untuk tingkat nasional mencapai 17 juta wisman.

Namun target tersebut, kata dia, cukup berat melihat kondisi saat ini. Ada berbagai permasalahan termasuk soal kisruh transportasi online.

“Target kita untuk tahun ini 2,25 juta orang wisman dulu yang masuk ke Kepri,” ucapnya.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews