KPU Batam Petakan TPS Pakai Google Map

KPU Batam Petakan TPS Pakai Google Map

Komisioner KPU Batam Zaki Setiawan menggelar pertemuan dengan PPS di Kecamatan Seibeduk (Foto: istimewa)

Batam - Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Batam untuk Pemilu 2019 mulai dipetakan. Pemetaan ini dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan sejak beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU Batam Zaki Setiawan mengatakan, dalam memetakan titik-titik TPS tersebut, bahkan ada PPS yang melengkapinya dengan titik koordinat dengan memanfaatkan layanan Google Map. 

Tujuannya adalah untuk memudahkan pemilih mengetahui lokasi memilih dan memudahkan peserta pemilu dan pihak terkait menjangkau lokasi TPS.

"Pemanfaatan layanan Google Map untuk mekengkapi informasi pada pemetaan TPS, salah satunya dilakukan oleh teman-teman PPS Tanjungpiayu. Informasi tersebut disampaikan PPS saat kami melakukan monitoring di wilayah Kecamatan Seibeduk," ujar Zaki, Jumat (31/8/2019).

Upaya monitoring tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa daftar pemilih tetap (DPT) sudah diumumkan ke masyarakat melalui kantor lurah maupun sarana strategis lainnya. 

Sehingga masyarakat mudah mengetahui jika namanya sudah masuk dalam daftar pemilih dan mendorong warga yang telah mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya. 

Jumlah warga kecamatan Seibeduk yang terdaftar sebagai DPT mencapai 45.729 pemilih yang tersebar di 229 TPS di 4 kelurahan. Empat kelurahan itu diantaranya Tanjungpiayu, Duriangkang, Mangsang, dan Mukakuning.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran PPS maupun PPK juga menyampaikan beberapa persoalan yang ada di masyarakat terkait daftar pemilih. Seperti beredar informasi di media sosial mengenai pendataan pemilih bagi warga yang mempunyai KTP elektronik luar Batam dapat dimasukkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Zaki menegaskan, proses pendaftaran pemilih sudah sampai pada DPT dan sudah diplenokan oleh KPU Batam pada 20-21 Agustus 2018. 

“Jadi tidak ada lagi pendataan sebagai DPS,” katanya. 

Selanjutnya, pleno DPT di tingkat KPU Provinsi Kepri yang berlangsung pada Jumat (31/8/2018). Sehingga belum ada aktivitas di tingkat PPS untuk melakukan lagi pendaftaran pemilih.

"Untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) dan pemilih khusus, kami (KPU Batam) masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU RI," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan informasi yang tidak valid atau diragukan kebenarannya. Agar tidak menjadi informasi yang menyesatkan dan memicu banyak pertanyaan di masyarakat.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews