Bolehkah Pakai Ban Mobil Berbeda Tipe? Begini Penjelasannya

Bolehkah Pakai Ban Mobil Berbeda Tipe? Begini Penjelasannya

Ilustrasi

Batam - Problem saat mengemudikan mobil bisa terjadi setiap saat. Salah satu hal yang acap terjadi adalah ban bocor. Pilihannya, antara menambal atau mengganti ban yang bocor.

Kondisi ini memang tak bisa diprediksi sehingga kemudian banyak pemilik mobil memilih mengganti bannya sesuai dengan isi kantong. Mulai yang baru atau memakai ban bekas masih 'layak' pakai.

Maka bukan hal yang aneh bila kita melihat penggunaan ban berbeda merek pada mobil. Namun, apakah sebenarnya penggunaan ban berbeda merek dan tipe diperbolehkan?

Menanggapi hal tersebut, Rudy Novianto, Defensive Driving Trainer Sentul Driving Center mengatakan, yang perlu dipahami dari merek yang berbeda yaitu janji dari setiap brand. Hal ini berkaitan masing-masing merek ban memiliki kelebihan berbeda.

"Kalau dari sisi saya, bagaimana ukurannya? Ukurannya sama atau tidak. Kalau tidak sama, maka seperti modifikasi yang depannya di buat kecil dibanding belakang, maka akan nungging," ujar Rudy, Sabtu (1/9/2018).

Meski untuk modifikasi, Rudy menegaskan hal itu harus memperhatikan batasan wajar. Sebab penggunaan ban berbeda ukuran tentu memiliki risiko.

"Dengan beda ukuran, performa dan handlingnya berubah. Artinya kita harus tahu batasan keamanan sebelah mana? Sampai taraf apa?" katanya.

Adapun ban cadangan yang disediakan pabrikan hanya bersifat sementara. Karena pada dasarnya pemilik harus segera mencari bengkel terdekat dan menyesuaikan kembali ukuran ban.

"Tapak ban cadangan biasanya lebih kecil. Karena ban ini memang tidak dirancang untuk harian," ungkapnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews