Konsumsi Makanan Beku? Perhatikan Hal-hal Berikut

Konsumsi Makanan Beku? Perhatikan Hal-hal Berikut

ilustrasi (foto: merdeka.com)

Jakarta - Biasanya karena keprakratisan kita akan memilih makanan beku untuk dikonsumsi. Dalam mengkonsumsi makanan tersebut tentunya ada dampaknya. 

Bila Anda masih suka mengkonsumsi makanan terkadang menjadi cara praktis untuk menyetok makanan karena tidak memiliki banyak waktu untuk mengolah bahan yang segar. 

Sebenarnya Anda tetap bisa makan frozen food dengan beberapa syarat. Berikut adalah beberapa cara tetap mengonsumsi frozen food dengan aman.

1. Perhatikan Kemasan Sebelum Membeli

Salah satu sumber masalah frozen food adalah kemasan dan kondisi penyimpanannya yang kurang baik. Pasalnya, jika hal ini tidak diperhatikan, Anda harus siap-siap menyantap frozen food plus bakteri berbahaya. 

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, sebelum mengeluarkan produknya--setiap perusahaan resmi telah memastikan kualitas frozen food.

Hanya saja, Anda tetap perlu teliti sebelum membeli frozen food. Kendati dikemas dengan baik, proses penyimpanan yang asal maupun suhu pendingin yang tidak tepat bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat.

Adapun untuk mengetahui produk berkualitas atau tidak, Anda bisa mengamati es atau serbuk es di sekitar kemasan saat berada di lemari pendingin. Jika ada banyak kembang es berbentuk lancip, kemungkinan besar pernah terjadi proses oksidasi. 

Dengan kata lain, produk tersebut sempat lumer dalam waktu lama, kemudian dibekukan lagi. Ini berbahaya bagi kesehatan, mengingat frozen food yang pernah cair sebetulnya tidak boleh dibekukan.


2. Wadah Terpisah

Setelah memilih produk berkualitas, ada baiknya untuk memisahkan frozen food dengan jenis makanan lainnya. Kalau pengin lebih aman, ada baiknya ditempatkan di wadah terpisah. 

Adapun tujuannya, untuk memastikan suhu penyimpanan tetap stabil. Nah, dengan cara ini, makanan Anda bisa tahan lama; setidaknya selama enam bulan.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews