MotoGP Inggris Batal, Begini Kata Rider

MotoGP Inggris Batal, Begini Kata Rider

Kerumunan para penonton yang memutuskan ke luar dari lokasi menonton menyusul penundaan MotoGP British Grand Prix di Sirkuit Silverstone, Northamptonshire, Inggris bagian selatan (26/08/2018) [Oli Scarff AFP]. (Foto : Suara.com)

Northamptonshire​ - Penggemar MotoGP di seluruh dunia dibuat kecewa lantaran balapan seri 12 di Grand Prix Inggris, Minggu (26/8), batal digelar setelah hujan lebat yang mengguyur Sirkuit Silverstone tak kunjung reda.

Pembatalan sesi balapan ini memang masih menyisakan berbagai kontroversi.

Hal yang patut digarisbawahi, pembatalan balapan MotoGP Inggris 2018 disebabkan oleh Sirkuit Silverstone yang tidak memungkinkan untuk menggelar race.

Permukaan trek yang baru diaspal ulang membuat beberapa area lintasan tergenang air setelah diguyur hujan.

Salah satu gelaran balap roda dua (R2) paling akbar, MotorGP Inggris yang sedianya berlangsung di Sirkuit Silverstone, Northamptonshire, England resmi dibatalkan karena cuaca yang tidak mendukung, demikian dilansir Antara dari Reuters, Minggu malam (26/08/2018).

Dalam kondisi hujan deras tak berkesudahan menjelang tengah hari, trek dinilai berbahaya oleh pihak penyelenggara, dan pemeriksaan ulang setelah penundaan berlangsung pukul 15.00 BST atau pukul 21.00 WIB. Harapannya, laga bakal bisa dilangsungkan pukul 16.50 BST bila hujan reda.

Kenyataannya, cuaca tidak kunjung membaik dan Met Office atau Dinas Meteorologi, Klimatolologi, dan Geofisika Inggris, khususnya sektor Northampton memberikan prediksi awan hitam dengan curah hujan tinggi mencapai 95 persen hingga menjelang pukul 17.00 BST.

"Setelah pengurus IRTA (International Road Racing Teams Association) dan para pebalap mengadakan perundingan, maka diputuskan untuk membatalkan GoPro British Grand Prix karena kondisi lintasan tidak menjamin keselamatan," ujar panitia, seperti dikutip dari laman MotoGP.

Menyoal pembatalan ini, rider Marc Marquez dari tim Repsol Honda menyatakan, "Tentunya kami ingin turun balap, namun unsur safety mesti didahulukan."

Sementara Jorge Lorenzo, dari tim Ducati menyebutkan, "Kami, para rider memutuskan, bahwa saat ini memang tidak aman bila mengaspal."

Lantas untuk penjelasan teknis kepada media, seperti dilansir AFP, Franco Uncini, FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) Representative menyatakan bahwa pembatalan dari pergelaran MotoGP, Moto2 and Moto3 di Sirkuit Slverstone, Silverstone, Northamptonshire, Inggris terjadi pada 26 Agustus 2018, "Setelah hujan deras tak berkesudahan menjadi penyebab kondisi trek tidak aman."

Dengan putusan yang disepakati bersama ini, maka GoPro British Grand Prix resmi dibatalkan di tanah Britania Raya. 

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews