LAM Minta Mak Inang dan Mak Andam Kerja Serius

LAM Minta Mak Inang dan Mak Andam Kerja Serius

Makan bersuap salah satu prosesi dalam pernikahan adat melayu (Foto:net/delikkarbar)

Lingga - Keberadaan Mak Inang dan Mak Andam memegang peranan penting pada prosesi perkawinan dalam budaya Melayu. Kesuksesan prosesi acara perkawinan dimulai dari menggantung kecil hingga hari besar, rasanya sulit dilaksanakan dengan sempurna tanpa kehadiran Mak Inang maupun Mak Andam.

Di Kabupaten Lingga yang merupakan Negeri Bunda Tanah Melayu, kondisi Mak Inang dan Mak Andam sangat mencemaskan. Padahal keberadaan mereka sudah suatu keharusan.

"Sekarang ini kami perlu membuat pelatihan, karena banyak Mak Inang dan Mak Andam yang sudah tua. Kadang kami kasihan melihat mereka ini, apalagi kalau prosesi perkawinan sangat panjang. Umur sudah senja, tenaga terbatas," kata Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga, Datok M Ishak kepada Batamnews.co.id, Kamis (23/8/2018).

Dia menjelaskan, beberapa waktu lalu, dari hasil rapat kerja LAM, pihaknya merekomendasikan salah satunya adalah rekruitmen Mak Inang dan Mak Andam. Bahkan, ia berharap di setiap desa memiliki Mak Inang dan Mak Andam tersebut.

"Ini adalah upaya pelestarian adat dan budaya. Untuk pelatihan nanti akan kami carikan yang betul-betul mau dan berminat, bukan sekedar ikut pelatihan saja kemudian hilang. Kami butuh Mak Inang yang siap pakai dan secara total mencurahkan energinya untuk melestarikan adat dan budaya ini," ujarnya.

Ia menaruh harapan besar terkait pembinaan Mak Inang dan Mak Andam di Kabupaten Lingga.

"Saya minta kepada Mak Inang dan Mak Andam yang sudah ditunjuk untuk siap bekerja. Tanpa ada alasan bermacam dan dibuat-buat sehingga mengganggu kerja Mak Inang dan Mak Andam. Sebenarnya, tugas Mak Inang dan Mak Andam dapat meringankan kerja pemimpin  negeri," ucapnya.

Diketahui, keberadaan Mak Inang dan Mak Andam hampir sama dengan keberadaan penyelenggaraan fardu kifayah. Mak Inang masuk di sisi adat dan budaya sementara penyelenggara fardu kifayah dari sisi agama.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews