Tak Ingin Rugi di Usia 25-an? Hindari 8 Hal Berikut Ini

Tak Ingin Rugi di Usia 25-an? Hindari 8 Hal Berikut Ini

Foto : glitzmedia.co

Batam - Menyadari kebiasan buruk yang dilakukan diri sendiri itu gak semudah membalikkan telapak tangan. Saat tabiat yang dapat merugikan diri justru terus dilakukan, dampaknya akan berimbas pada masa depan nanti.

Kamu yang sekarang berada di rentang usia pertengahan dua puluhan barangkali perlu membuka mata terhadap beberapa hal ini. Pasalnya, sudah jadi rahasia umum bahwa usia 25-an akan mengantarkan seseorang mengambil banyak keputusan penting dalam hidup.

Karier sampai hubungan, semuanya perlu dipertimbangkan dan dipikirkan matang-matang. Agar kamu bisa lebih menyadari perihal kebiasaan apa saja yang bisa merugikan diri sendiri, coba tengok beberapa tanda nyatanya di bawah ini.

1. Gegabah dan gamang saat mengambil pilihan

Usia krusial seperti pertengahan dua puluhan membuatmu akan mengambil banyak pilihan. Saat kamu mengambil keputusan tersebut dengan terburu-buru dan gak diperhitungkan untung ruginya, nantinya kamu akan menyesal.

Saat kamu gamang dalam mengambil pilihan karena takut dengan risiko atau kegagalan, saat itu pula kamu punya kebiasaan buruk yang perlu dihilangkan.

2. Sudah puas dengan yang dicapai

Kamu perlu mempertanyakan dan instrospeksi diri tentang segala pencapaian yang telah kamu lakukan. Apa itu akan meningkatkan kualitas hidup yang kamu miliki? Apa itu sudah membuat kamu bahagia? Orang juga perlu ambisi untuk mendorongnya jadi lebih berhasil lagi suatu hari nanti.

Kamu juga begitu, butuh target-target lain yang perlu kamu canangkan, jangan cepat puas dengan pencapaian yang telah kamu dapatkan.

3. Mengabaikan nasihat orangtua

Tidak ada keberhasilan tanpa campur tangan orangtua. Kamu tidak perlu membangkang apa yang mereka katakan, katakan baik-baik jika keinginanmu ternyata berbeda dari harapannya. Meski sulit, kamu juga perlu melihat dari sudut pandangnya.

Saat mereka mengarahkan dan membimbingmu, mereka hanya ingin yang terbaik bagi putra-putrinya, gak lebih.

4. Menunda pekerjaan hingga menumpuk

Kamu sekarang masih suka menunda pekerjaan hingga menumpuk? Pantas saja kamu belum bisa mencapai apa yang kamu impikan sampai sekarang. Tidak semua orang di dunia ini langsung diberi warisan seperti anak konglomerat yang tampak di film-film, pada akhirnya setiap orang perlu bekerja keras dan cerdas.

Menunda pekerjaan berarti kamu gak cukup serius menangani hidupmu sendiri.

5. Belum berani mengambil keputusan sendiri

Dilema yang sering dirasakan mereka yang terlalu bergantung dengan orang lain. Mengambil keputusan sendiri berarti kamu bisa bertanggungjawab dengan kewajiban dan segala konsekuensinya.

Jika sampai sekarang kamu belum terbiasa berani mengambil keputusan sendiri, jangan salahkan diri sendiri jika kamu akan menyesal nanti.

6. Meladeni hasrat diri untuk selalu terlihat hebat di mata orang

Tidak satu pun orang di dunia ini yang selalu disanjung tanpa cela, kamu perlu membenahi anggapan salah tentang "semua orang perlu menganggap dirimu sempurna". Kamu cukup perlu menjawab dengan prestasi dan kemampuan yang kamu punya, lama-kelamaan orang akan mengapresiasi dan mengakui kemampuan yang kamu miliki.

Gak perlu jadi orang lain apalagi mencari jati diri kesana-kemari gak tentu arah.

7. Mengabaikan perkataan orang-orang yang jujur mengkritikmu

Kamu cukup beruntung dan perlu bersyukur jika masih ada orang yang mau mengkritik atau mengoreksi kesalahanmu. Itu tandanya orang itu perhatian dan masih sayang denganmu. Jangan mudah tersinggung saat orang memberikan respon yang tidak sesuai harapan yang kamu inginkan.

Kamu perlu lebih objektif menyaring mana yang buruk dan mengambil mana yang baik untukmu.

8. Merasa sudah pintar dan tidak butuh belajar

Kalau kamu sedang berada di usia 25-an dan punya cara pikir seperti ini, sudah dipastikan kamu akan merugi dalam kehidupanmu nanti. Pasalnya, mereka yang terus belajar lebih mudah adaptasi dengan perkembangan dan tuntutan zaman yang juga terus berubah.

Kalau kamu merasa sudah pintar, berarti ada benih-benih kesombongan dalam diri yang gak kamu sadari.

Mengubah tabiat buruk memang gak bisa dilakukan satu atau dua malam. Perlu kemauan dan kesadaran untuk menerima kebiasaan yang akan merugikan tersebut. Jika kamu tahu itu tidak akan menguntungkan, mulai sekarang sudah waktunya ditinggalkan dong ya!

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews