Jangan Khawatir, Hamil Tapi Perut Tidak Besar Bukan Berarti Anak Kurang Gizi

Jangan Khawatir, Hamil Tapi Perut Tidak Besar Bukan Berarti Anak Kurang Gizi

Foto : doktersehat.com

Sebagian wanita hamil dengan perut yang cepat sekali membesar. Namun ada juga wanita hamil yang memiliki perut kecil meski sudah mengandung lebih dari 6 bulan.

Kate Middleton contohnya, yang ketika hamil 8 bulan pun perutnya masih tampak kecil. Hal ini selalu memicu anggapan bahwa ia tidak sehat, atau kurang makan.

Benarkah begitu? Apa sebenarnya penyebab hamil dengan perut kecil? Tentu, selalu ada ibu hamil yang bayinya tidak berkembang dengan maksimal, sehingga memerlukan observasi medis lebih jauh.

Namun, lebih baik kamu berkonsultasi pada dokter daripada mendengarkan pendapat orang lain mengenai penyebab hamil dengan perut kecil. Ada beberapa alasan mengapa kamu hamil dengan perut kecil, meskipun kondisi kesehatan sebenarnya normal:

1. Baru pertama kali hamil

Jika otot-otot perut tidak pernah meregang sebelum hamil (misalnya pernah gemuk lalu kurus lagi), otot-otot tersebut cenderung akan tetap kencang. Hal ini membuat perut tampak padat dan tinggi, sehingga secara keseluruhan terlihat kecil.

Beberapa perempuan juga bisa hamil dengan perut kecil meskipun sudah hamil kedua kali atau seterusnya, khususnya jika mereka sangat bugar dan rajin berolahraga di tengah jeda kehamilan.

2. Posisi janin

Janin sering bergerak dan mengubah posisinya, khususnya sampai sekitar minggu ke-32 sampai ke-34 kehamilan. Tergantung pada posisi janin, perut bisa terlihat lebih kecil pada waktu-waktu tertentu, dan lebih besar pada saat-saat yang lain.

Bahkan saat hamil tua, janin bisa menggerakkan punggungnya dari satu sisi pada perut ke sisi yang lain, sehingga akan mengubah bentuk perut ibu.

3. Tinggi badan

Perempuan yang jangkung dan punya torso yang panjang, memiliki banyak ruang bagi janin untuk berkembang ke atas. Hal ini cenderung akan membuat perut terlihat lebih kecil karena rahim tidak didorong jauh ke depan.

4. Rahim menggerakkan usus

Rahim yang terus berkembang bisa mendorong usus ke atas dan ke belakang, sehingga mendorong ke belakang rahim (membuat ibu seperti menyimpan bola basket di dalam perut). Bandingkan jika usus didorong ke sekitar sisi rahim, yang membuat perut ibu terlihat lebih bulat, besar, dan penuh.

Nah, jangan mengira kalau hamil dengan perut kecil itu tandanya bayi kurang gizi. Masih banyak penyebab lainnya yang tak perlu dikhawatirkan

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews