Dirut PGN Pimpin Upacara HUT RI di Riau, Ini Pesannya

Dirut PGN Pimpin Upacara HUT RI di Riau, Ini Pesannya

Direktur utama PT Perusahaan Gas Negara, Jobi Triananda Hasjim (pertama kanan), Purnomo Sinar Hadi Asisten Deputi Kementrian BUMN bidang usaha industri argo dan farmasi (ketiga dari kanan) dan GM PLN WRKR Irwansyah Putra paling kiri (Foto: Ist)

Jakarta - Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Jobi Triananda Hasjim menjadi pemimpin upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 di Kota Pekanbaru, Riau. Dalam pidatonya, ia meminta seluruh peserta upacara untuk kembali meresapi dan melaksanakan semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika yang belakangan mulai terkikis di masyarakat.

Jobi menuturkan, tanggal 17 Agustus selalu menjadi hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Karena pada hari tersebut, Indonesia diridhoi Tuhan YME menjadi negara kepulauan yang merdeka. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi generasi penerus bangsa, untuk dapat terus bersatu di tengah keberagaman suku yang ada didalamnya.

"Di hari yang khidmat ini saya mengajak kita semua sebagai bagian elemen bangsa, untuk memahami kembali secara utuh Pancasila dan kebhinekaan bangsa. Sehingga dapat melihat kebhinekaan ini sebagai sebuah anugerah. Karena hanya dengan demikian, kita bisa terus menjadi bangsa yang besar," kata Jobi, di Lapangan Upacara Kantor PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Kota Pekanbaru, Jumat (17/8).

Bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jobi menyebut Bhinneka Tunggal Ika dapat diimplementasikan dengan mewujudkan sinergi antar BUMN dalam melakukan pembangunan nasional yang berkontribusi bagi kemajuan perekonomian bangsa dan negara serta kesejahteraan rakyat. 

"Inilah wujud GUYUP RUKUN, KEKUATAN BANGSA yang bisa dilakukan oleh BUMN untuk semakin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, dalam statusnya sebagai perusahaan yang sahamnya dimiliki negara, Jobi menilai sudah menjadi kewajiban BUMN untuk dapat terjun langsung dan mendorong kesejahteraan rakyat melalui sektor bisnis yang digelutinya.

Hal tersebut dilakukan PGN dengan cara memperluas pemanfaatan gas bumi, dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan bahan bakar minyak (BBM) atau LPG ke berbagai segmen pelanggan. Mulai dari memasok gas bumi untuk pelanggan industri, komersial, UMKM, sampai rumah tangga.

"Dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan gas bumi, maka semakin efisien bangsa ini dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Dana yang selama ini banyak dihabiskan untuk membeli energi fosil bisa digunakan untuk hal lain yang juga produktif," katanya.

BUMN Hadir untuk Negeri

Untuk mendorong peran serta perusahaan pelat merah di masyarakat, tahun ini Kementerian BUMN memiliki program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN). Menteri BUMN Rini Soemarno meminta seluruh BUMN dibawah naungannya, untuk dapat melakukan kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat sehingga bisa langsung dirasakan manfaatnya. 

Setidaknya ada enam kegiatan yang sudah maupun akan dilakukan PGN untuk menjalankan program BHUN tahun ini, yaitu:
1. Siswa Mengenal Nusantara (SMN), kegiatan pertukaran pelajar yang melibatkan 23 pelajar Riau dan 23 pelajar Maluku
2. BUMN Hadir di Kampus, kegiatan Direksi dan Manajemen mengajar di Universitas-Universitas ternama di Indonesia
3. Peringatan Hari Kemerdekaan ke-73
4. Program Mudik Gratis yang diikuti 3.000 peserta
5. Perayaan Natal dan Menyambut Tahun Baru
6. Bina Lingkungan dalam rangka HUT Bersama BUMN

(snw)

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews