Asman Abnur Mundur dari Menpan RB

Asman Abnur Mundur dari Menpan RB

Mantan Menpan RB Asman Abnur

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengundurkan diri dari kabinet. Pengunduruan diri Asman sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo, Selasa (14/10/2018).

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengungkapkan pihaknya mengapresiasi sikap Asman yang mundur dari kabinet. "Kita juga hormati dan apresiasi sikap kesatria Pak Asman Abnur yang menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden hari ini," ucap Edy.

Pengunduran diri Asman itu dikabarkan karena PAN sudah tak sejalan dengan partai pendukung Jokowi lainnya pada Pilpres 2019. Di mana PAN mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga uno.

Soal perombakan kabinet, PAN pun menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi dan akan menghormati keputusan tersebut.

"Hak dan kedaulatan reshuffle kabinet sepenuhnya ada di tangan Presiden. Kita akan hormati keputusan yang Beliau jalankan terkait Kabinet Kerja saat ini," pungkasnya.

Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle (perombakan) kabinet jilid IV dalam waktu dekat. Mensesneg Pratikno menjelaskan pertimbangan perombakan kabinet.

"Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," kata Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018). 

Perihal tanggal dan hari perombakan kabinet, Pratikno belum bisa memastikan. Dia hanya menegaskan, Presiden Jokowi yang akan menyampaikan langsung perombakan kabinet kerja.

"Kalau yang memastikan Pak Presiden," ujar dia.

Pratikno menambahkan, di mata Jokowi kinerja Asman Abnur di Kemenpan RB selama ini sangat memuaskan. Namun, jika Asman dilengser dari Kabinet Kerja maka itu merupakan konsekuensi dari keluarnya PAN dari koalisi pemerintah.

"Ini konsekuensi dari pengkoalisian," tutur dia.

Jokowi melantik Asman Abnur sebagai Menpan RB pada 27 Juli 2016 lalu. Asman menggantikan posisi Yuddy Chrisnandi.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews