Gempa Nepal

Tiga WNI Selamat dari Longsoran Salju saat Mendaki Gunung Everest

Tiga WNI Selamat dari Longsoran Salju saat Mendaki Gunung Everest

Longsoran di Gunung Everest saat gempa 7,9 SR mengguncang Nepal Sabtu kemarin

BATAMNEWS.CO.ID, Khantmandu - Gempa dahsyat berkekuatan 7,9 skala Richter (SR) yang mengguncang Khatmandu, Nepal juga terasa hingga ke pegunungan tertinggi di dunia, Mount Everest.

Sejumlah pendaki asing dan pemandu Nepal di sekitar Gunung Everest juga terkena gempa itu.

"Sebanyak 17 jenazah ditemukan di base camp Gunung Everest dan 61 orang luka-luka ketika bagian dari base camp ditelan longsoran salju," kata Ang Tshering Sherpa, presiden Nepal Asosiasi Mountaineering.

Lebih dari 1.000 pendaki berada di Everest ketika bencana itu melanda. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI pun menuturkan sedikitnya ada 3 WNI yang berhasil diketahui menjadi pendaki gunung tersebut.

Menurut Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemenlu RI, Lalu M Iqbal, ketiganya berada dalam kondisi selamat.

Gempa berkekuatan 7.9 SR yang mengguncang kota Pokhara di Nepal telah menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan luas di ibukota Kathmandu. Longsoran salju akibat gempa ini mengubur sebagian base camp bagi para pendaki gunung yang akan mendaki Everest.

Menurut pejabat Kementerian Pariwisata Nepal, seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (25/4/2015) lalu, setidaknya delapan pendaki gunung tewas akibat longsoran salju ini.
Pendaki gunung asal Romania, Alex Gavan menceritakan dirinya berlari menyelamatkan diri saat terjadi longsoran salju tersebut.

Dikatakannya, banyak orang yang tengah berada di atas gunung tersebut saat kejadian. Pendaki lainnya, Daniel Mazur, mengatakan, base camp Everest rusak parah akibat longsoran salju dan timnya terjebak

[dtc/kcm]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews