Dispar Lingga Minta Pokdarwis Berperan Majukan Wisata Lingga

Dispar Lingga Minta Pokdarwis Berperan Majukan Wisata Lingga

Kepala Disparpora Lingga, Raja Fahrurrazi (Foto: Ruzi/batamnews)

Lingga - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lingga, Kepulauan Riau, meminta agar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang telah terbentuk andil memajukan wisata yang di wilayah masing-masing.

Kepala Disparpora Lingga, Raja Fahrurrazi mengatakan, Pokdarwis yang sudah terbentuk di Lingga di antaranya Pokdarwis Desa Resun, Benan dan Desa Panggak Darat.

"Jadi, kami mengharapkan Pokdarwis bisa mengelola objek wisata itu, pelayanannya bagaimana, terus kami menghendaki supaya ada ekonomi kreatifnya, ada souvenir, yang jelas ada yang bisa dijual," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (10/8/2018).

Lanjut Fahrurrazi, setelah semua itu terbentuk, baru dilanjutkan dengan membuat turis informasi yang akan tersebar di tiga lokasi yakni, Pulau Benan, Pelabuhan Sei Tenam dan Pelabuhan Jagoh.

"Untuk turis informasi ini, kami tinggal mencari tenaga yang pas untuk melayani wisatawan. Kemudian sesuai SOP," ujarnya.

Lanjut dia, jika ada Pokdarwis yang tidak aktif dalam mengembangkan aktivitasnya, dia mengaku Dinas Pariwisata sebelumnya juga telah melakukan pembinaan kepada pengurus masing-masing Pokdarwis.

"Jika Pokdarwis ini tidak aktif, kan kami bertanya ke pengurus. Yang kami lihat, mereka ini masih lemah, karena belum adanya tour yang besar masuk ke Lingga. Jika sudah ada tour yang masuk ke Lingga, pasti mereka semangat," kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Kabupaten Lingga ini.

Dia berharap, dengan adanya kerjasama yang baik seluruh elemen, mulai dari bawah hingga instansi pemerintahan, pariwisata Lingga kedepannya semakin berkembang.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews