BNPP Gelar Pelatihan SAR di Senayang, Ini Tujuannya

BNPP Gelar Pelatihan SAR di Senayang, Ini Tujuannya

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, Kepulauan Riau memberikan pembekalan ilmu pertolongan bencana di Lingga. (Foto: Ruzi/batamnews)

Lingga - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, Kepulauan Riau memberikan pembekalan ilmu pertolongan bencana di Lingga.

BNPP mentransfer pengetahuan tersebut dari sudut pandang Basarnas. Pembekalan itu dalam bentuk pelatihan SAR di Kecamatan Senayang. Pelatihan digelar selama lima hari dari tanggal 6-11 Agustus 2018.

Kepala BNPP Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan, dipilihnya Kecamatan Senayang sebagai lokasi pelatihan di Kabupaten Lingga, sesuai arahan Bupati Lingga dan seiring Senayang juga menjadi pusat aktivitas nelayan terbesar di Kabupaten Kepulauan itu.

"Memang arahan Pak Bupati di Senayang. Kami juga seiramalah, artinya kami ingin menguatkan peran masyarakat dalam penanganan jika terjadi kecelakaan," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (7/8/2018).

Budi melanjutkan, pertimbangan lainnya dipilih Senayang sebagai lokasi pelatihan karena ada beberapa kejadian seperti kecelakaan pesawat polisi di perairan tersebut beberapa tahun lalu.

"Itu juga menjadi bahan pertimbangan kami kenapa latihan di sana. Jadi, masyarakat ini kan orang yang pertama melihat, atau ada di lokasi kejadian, sehingga bagaimana respon yang harus dilakukan dengan benar, kan begitu," ujarnya.

"Kami akan berdayakan masyarakat, kemudian ada Satpol PP, ada dari BPBD juga. Peserta pelatihan ini seluruhnya ada 50 orang," katanya.

Dia berharap, pelatihan yang digelar tersebut dapat bermanfaat dan mampu diterapkan masyarakat, nelayan serta aparat saat terjadi bencana atau kecelakaan di laut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews