Awas! Hoax Ini Sering Beredar Saat Gerhana Bulan

Awas! Hoax Ini Sering Beredar Saat Gerhana Bulan

Ilustrasi

Jakarta - Dini hari nanti gerhana bulan total terlama abad ini bakal menghiasi langit Indonesia. Namun, disayangkan, beredar hoax yang meresahkan terkait kehadiran fenomena alam ini. 

Dalam pesan yang beredar disebutkan imbauan agar mematikan gadget pada pukul 00.30-03.30 WIB nanti. Dalam pesan yang beredar itu disebutkan akan ada radiasi tertinggi yang muncul akibat pancaran cahaya kosmis. Berikut bunyi pesan tersebut:

"Malam ini antara jam 00.30 pagi hingga 03.30 pagi pastikan off HP, laptop dan lain-lain dan jauhkan dari badan anda. TV Singapore telah mengumumkan berita tersebut. Tolong beritahu keluarga dan sahabat-sahabat anda. Malam ini antara jam 00.30 pagi hingga 03.30 pagi bumi kita akan menghadapi radiasi yang paling tinggi. Pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dengan bumi. Oleh itu off HP dan lain-lain dan jauhkan dari badan anda sebab akan menyebabkan kita mendapat efek radiasi yang berbahaya....Boleh lihat di Google dan NASA dan berita BBC. Bagikan pesan ini kepada orang-orang lain yang penting bagi keluarga, teman, sahabat, dan juga anak-istri anda. Anda boleh menyelamatkan nyawa banyak orang dengan berbuat demikian...
Semoga bermanfaat. Amiin..."

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin memastikan kabar yang beredar itu hoax. Thomas menyatakan tidak ada keterkaitan pesan itu dengan fenomena gerhana bulan total terlama yang bakal terjadi dini hari nanti. 

"Itu hoax lama yang masih beredar. Tidak ada kaitannya," tegas Thomas ketika dimintai konfirmasi, Jumat (27/7/2018). 

Untuk diketahui, gerhana bulan total yang terjadi pada Kamis (28/7) dini hari nanti merupakan gerhana bulan total terlama abad ini, karena mencapai 103 menit. Gerhana bulan total terlama ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Fase gerhana bulan total yang lebih lama dari gerhana bulan dini hari nanti dan bisa disaksikan di Indonesia bakal terjadi pada 19 Juni 2141, yaitu mencapai 106 menit.

Berikut waktu dari proses gerhana bulan total 28 Juli 2018, dini hari nanti:

- Bulan memasuki penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra mulai (P1): 00.13 WIB
- Bulan memasuki umbra Bumi/gerhana bulan sebagian mulai (U1): 01.24 WIB
- Gerhana bulan total mulai (U2): 02.29 WIB
- Puncak gerhana bulan total: 03.21 WIB
- Gerhana bulan total selesai (U3): 04.13 WIB
- Bulan meninggalkan umbra Bumi/gerhana bulan sebagian selesai (U4): 05.19 WIB
- Bulan meninggalkan penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra selesai (P4): 06.28 WIB

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews