5 Manfaat Puasa Media Sosial yang Harus Diketahui

5 Manfaat Puasa Media Sosial yang Harus Diketahui

Bermain medsos di smartphone (Foto: Ilustrasi)

Batam - Pernahkah Anda merasa jenuh ketika seharian melakukan aktivitas di media sosial, itu tandanya harus ada tindakan yang membuat waktu terbebas dari media sosial.

Tindakan yang di maksud di sini adalah puasa media sosial, menjauh sejenak dari aktivitas media sosial.

Banyak manfaat yang dapat terjadi jika Anda melakukan puasa media sosial seperti berikut ini.

 

1. Mengetahui Dunia Sekitar

Selama ini Anda hanya fokus dengan kegiatan yang ada di media sosial tanpa melihat dunia sekitar. Sehingga Anda kehilangan beberapa momen penting yang seharusnya menjadi bagian dari kegiatan.

2. Menjadi Lebih Fokus Terhadap Diri Sendiri

Jika selalu merasakan asik dengan dunia sendiri, berarti itu merupakan tanda bahwa Anda telah kehilangan momen untuk fokus ke diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda melewatkan banyak hal yang seharusnya dapat dilakukan seperti menjaga barang bawaan, atau hanya sekedar menjaga diri sendiri dari gangguan orang jahat.

3. Lebih Mudah Menghargai Diri Sendiri

Selama kita masih bermain dengan media sosial dan memperhatikan siklus kehidupan orang lain, maka dengan sadar Anda akan mudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal jika Anda sejenak melupakan media sosial maka akan lebih mudah untuk menghargai diri sendiri dan mampu menilai kemampuan diri sendiri.

4. Mendekatkan Diri Dengan Orang Lain

Menjadi pribadi yang terbuka dengan orang lain merupakan manfaat puasa media sosial. Selama Anda masih dipengaruhi oleh kegiatan bermedia sosial yang notabenenya adalah dunia maya, maka tidak akan pernah mengenal orang terdekat Anda. Seperti halnya saat berbicara, kapan terakhir Anda menatap mata lawan bicara di keluarga. Jika dirasa itu sudah lama terjadi maka saat ini cobalah untuk puasa media sosial dan nikmati kehangatan mendekatkan diri dengan keluarga maupun orang lain. Bisa jadi orang lain itu akan menolong Anda disaat mengalami hal yang buruk.

5. Dapat Memperbaiki Gaya Berkomunikasi

Jika selama ini Anda merasa gagal dalam berkomunikasi, mungkin itu disebabkan ruang lingkup yang terbatas dari dunia nyata. Untuk itu, cobalah meluangkan waktu sejenak dengan cara puasa medai sosial. Jika ini semua sudah Anda lakukan, maka Anda akan merasakan sesuatu hal yang belum pernah dirasakan. Seperti, gaya komunikasi yang semakin lugas dan luwes.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika puasa media sosial. Tanpa disadari akan menguntungkan diri Anda sendiri. Anda akan lebih merasakan kebutuhan yang ada di dunia sekitar. Selain itu, Anda akan dengan mudah membuka mata, hati, dan telinga akan segala hal yang ada di sekitar Anda.

(*)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews