Ketik Kata Idiot di Google Muncul Foto-foto Donald Trump

Ketik Kata Idiot di Google Muncul Foto-foto Donald Trump

Donald Trump (Foto: consequenceofsound.net/batamnews)

Jakarta - Ketik kata 'Idiot' dalam kolom pencarian Google, hasil pencarian malah muncul foto-foto Presiden Amerika Serikat Donald Trump muncul di barisan teratas.

Fenomena ini berawal ketika banyak para pengunjuk rasa yang menolak kedatangan Trump ke Inggris dengan menerbitkan artikel-artikel yang mengaitkan kata 'idiot' dengan presiden AS ke-45 itu.

Banyak artikel berbahasa Inggris berisi kampanye penolakan Trump ke Inggris yang diterbitkan pekan lalu, memasukkan kata 'American Idiot' dalam berita utama, lengkap dengan gambar Trump, sehingga memperkuat tautan antara gambar dan kata kunci.

Artikel-artikel tersebut dicatat dan direkam oleh mesin algoritma Google, sehingga pencarian 'idiot' bergambar Trump semakin kuat, dengan hanya menyisakan Ash Sarkar yang muncul di antara pencarian teratas. Sarkar sendiri adalah demonstran yang mengejek jurnalis Inggris Piers Morgan 'idiot' ketika berbincang mengenai Trump. 

Fenomena 'Google Bombing'

Pencarian kata 'idiot' yang memunculkan foto-foto Donald Trump tidak jelas kapan akan berakhir. Fenomena yang biasa disebut dengan 'Google Bombing' ini bukan pertama kali terjadi.

Pada tahun 2009 lalu, fenomena 'Google Bombing' juga pernah terjadi ketika algoritma Google bekerja pada pencarian gambar untuk 'Michelle Obama' yang menghasilkan foto rasis monyet mengenakan anting-anting.

Kala itu, Google berkata dalam pernyataan resmi bahwa mesin pencarinya adalah cerminan dari isi konten di internet.

"Mesin pencari adalah cerminan dari konten dan informasi yang tersedia di internet. Peringkat situs di hasil pencarian Google sangat bergantung pada algoritma komputer menggunakan ribuan faktor untuk menghitung relevansi halaman dengan kueri yang diberikan," ucap Google dikutip dari kumparan.com.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews