Pria Ini Operasi Pengangkatan Tumor Sebesar Kepala

Pria Ini Operasi Pengangkatan Tumor Sebesar Kepala

Somai (55) seorang petani di India menderita tumor bertahun-tahun. Dia mengidap tumor raksasa di bagian lehernya selama 20 tahun

India - Somai (55) seorang petani di India menderita tumor bertahun-tahun. Dia mengidap tumor raksasa di bagian lehernya selama 20 tahun

Ia membiarkan tumor itu membesar dan mulanya berpikir itu hanyalah kelenjar tiroid yang bengkak. Sampai kemudian tumor itu tumbuh hingga besarnya nyaris seperti kepalanya.

Akhirnya Somai menjalani operasi pengangkatan tumor tersebut. Ketika tumor itu dipotong oleh dokter, beratnya sekitar 1,4 kg. Ahli bedah melakukan operasi selama 3,5 jam di leher Somai untuk menghilangkan pertumbuhan tumor itu sekaligus. 

Kini, ia bisa menggerakkan kepalanya tanpa rasa sakit untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Salah satu dokter yang ikut menangani operasi tersebut di Rumah Sakit Medis King George di Lucknow, tak jauh dari New Delhi, mengatakan tumor itu ukurannya cukup langka.

Somai mendatangi dokter ketika tumor itu telah begitu menyakitkan baginya untuk ia tanggung. Scan mengungkapkan kalau tumor yang ia derita merupakan tumor sub-mandibula yang berarti dimulai dari kelenjar ludahnya.

"Operasi itu cukup menantang dan memakan waktu cukup lama. Karena itu tumor sub-mandibula, itu menekan keras arteri karotis yang merupakan pembuluh darah utama di leher yang memasok darah ke otak, leher, dan wajah," kata Dr Onkar Vedak seperti dilansir dari Mail Online.

"Setelah operasi, berat tumor itu diketahui sekitar 1,4 kg dan ini cukup jarang terjadi," ujarnya.

Sumber: liputan6.com

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews