Ngeri, Pabrik Kimia di China Meledak Tewaskan 19 Orang

Ngeri, Pabrik Kimia di China Meledak Tewaskan 19 Orang

Ledakan tragis sebuah pabrik kimia di Provinsi Sichuan, China. (Foto: ist)

China - Ledakan besar terjadi di sebuah kompleks industri di Provinsi Sichuan, sebelah barat daya China. Menurut kantor berita Xinhua, ledakan itu menewaskan sedikitnya 19 orang, dan melukai 12 orang lainnya.

Mengutip BBC pada Jumat (13/7/2018), ledakan terjadi di sebuah area pusat industri terpadu di Kota Jiang'an pada Kamis, 12 Juli petang, sekitar pukul 18.30 waktu setempat, beberapa saat setelah pergantian shift kerja.

Dalam sebuah pernyataan otoritas setempat yang dikutip oleh kantor berita Associated Press, ledakan terjadi di sebuah pabrik kimia yang dioperasikan oleh Yibin Hengda Technology.

Belum diketahui pasti apa penyebab utama ledakan tersebut, namun para korban, baik yang tewas maupun terluka, telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Adapun lokasi kejadian telah disterilkan untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut oleh pihak kepolisian Provinsi Sichuan.

Foto-foto yang beredar di media sosial China, Weibo, menunjukkan api besar dan gumpalan asap membumbung tinggi di sekitar lokasi kejadian.

Petugas pemadam kebakaran dilaporkan telah berhasil mengevakuasi seluruh karyawan dan masyarakat sipil yang ada di sekitar lokasi kejadian. Api disebut baru bisa dikuasai pada dini hari tadi, tapi area terkait masih tertutup untuk kepentingan penyidikan.

Associated Press menyebut China telah mengalami beberapa kali bencana fatal terkait keamanan pada pabrik kimia. Pada 2015, sebanyak 173 orang tewas ketika sebuah gudang bahan kimia meledak di kota pelabuhan Tianjin di timur laut Negeri Tirai Bambu.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews