10 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia, Nomor 5 Bikin Kaget

10 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia, Nomor 5 Bikin Kaget

ilustrasi: penyakit jantung menjadi penyakit pembunuh pertama di Indonesia

Jakarta - Saat ini Indonesia menghadapi tantangan kesehatan dengan meningkatnya berbagai penyakit tidak menular, antara lain penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker, dan Iainnya. 

Hal ini diperkuat dengan studi terbaru yang dilakukan The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) dari University of Washington dan peneliti dari Indonesia yang dipimpin dr Nafsiah Mboi, Sp.A.

"Indonesia saat ini menghadapi tantangan ’Beban Ganda Penyakit’. Di satu sisi kita harus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan infeksi penyakit menular seperti TB, diare dan berbagai gangguan kesehatan ibu dan bayi. Pada saat bersamaan, kita juga perlu mencegah dan mengatasi penyakit-penyakit tidak menular, yang pengobatannya membutuhkan biaya yang sangat besar," ujar perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan periode 2012-2014 ini (dikutip dari suara.com)

Baca juga:

Tren Busana Kaum Disabilitas Kini Lebih Fashionable

Narapidana Korupsi Sumbar Yusafni Pelesir ke Padang Panjang?

 

Studi bertajuk, 'On the road to universal health care in Indonesia, 1990-2016: a systemic analysis for the Global Burden of Disease Study 2016,’ yang dipublikasikan hari ini melalui jurnal The Lancet pun mengurutkan 10 penyakit penyebab kematian yang banyak diidap masyarakat Indonesia pada 2016 lalu.

1. Penyakit Jantung lskemik

2. Stroke

3. Diabetes

4. Tuberkulosa (TBC)

5. Sakit pinggang bawah dan nyeri leher

6. Komplikasi disebabkan kelahiran premature

7. Masalah yang berhubungan dengan panca indra

8. Cedera dan kecelakaan Lalu lintas

9. Penyakit Kulit

10. Penyakit yang berhubungan dengan Diare


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews