Cogan Jadi Koleksi Baru Museum Linggam Cahaya di Lingga

Cogan Jadi Koleksi Baru Museum Linggam Cahaya di Lingga

Kepala Disbud Lingga, Muhammad Ishak menunjukkan Cogan yang sekarang menjadi koleksi Museum Linggam Cahaya (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga terus berusaha meningkatkan jumlah koleksi barang bersejarah peninggalan Kerajaan Riau-Lingga di Museum Linggam Cahaya, Daik.

Kepala Disbud Lingga, Muhammad Ishak mengatakan, koleksi terbaru yang saat ini dimiliki Museum Linggam Cahaya yakni duplikat Cogan.

"Tapi untuk koleksi yang terbaru (Cogan) belum dipajang dan masih dalam penyimpanan," kata dia kepada Batamnews.co.id, Senin (9/7/2018).

Lanjut dia, duplikat Cogan tersebut dibuat melalui mediasi dan bekerjasama dengan Museum Nasional. Sementara untuk Cogan yang aslinya tetap berada di Museum Nasional.

"Alhamdulillah barangnya sudah sampai dan sudah kami terima. Meskipun bukan asli, paling tidak masyarakat dan pengunjung nanti dapat melihat seperti apa Cogan itu," ujar Ishak.

Dia menjelaskan, Cogan atau disebut juga sirih besar merupakan bagian dari regalia yang berperan penting dan menjadi simbol bagi Kerajaan Riau-Lingga-Johor dan Pahang.

Sementara Daik Lingga pernah menjadi pusat Kerajaan Melayu Riau-Lingga-Johor-Pahang hampir 40 tahun. Selain menjadi simbol legitimasi adat dan penanda bagi Sultan yang memerintah, Cogan juga menjadi kelengkapan yang penting dalam acara berarak diraja.

"Jadi, apabila Sultan berarak, Cogan itulah yang didulukan berjalan," ucapnya.

Dengan adanya duplikat Cogan di Museum Linggam Cahaya, yang juga merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Lingga, tidak saja menjadi penambah koleksi, tapi menjadi magnet untuk menarik pengunjung ke Kabupaten Lingga.

"Kalau ke Museum Nasional di Jakarta hanya untuk melihat Cogan kan jauh, berapa pula ongkosnya. Jadi, sekarang di Museum Linggam sudah ada duflikatnya, bentuknya sama persis," katanya.

Dia meyakini, dengan adanya koleksi duplikat Cogan itu pasti masyarakat banyak yang ingin tahu bagaimana bentuk dan apa saja yang ditulis di Cogan yang merupakan salah satu bagian dari regalia yang dipegang Engku Puteri Raja Hamidah, Pemaisuri Sultan Mahmud Riayat Syah yang telah dianugerahi Presiden RI sebagai Pahlawan Nasional tahun 2017 lalu.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews