Dinas Kesehatan Batam Rancang Aplikasi Layanan Online Puskemas

Dinas Kesehatan Batam Rancang Aplikasi Layanan Online Puskemas

foto ilustrasi

Batam - Dinas Kesehatan Kota Batam akan membuat Sistim Informasi Pelayanan dan Pelaporan Terpadu secara online. Terobosan aplikasi berbasis android tersebut akan diberlakukan di puskesmas Kota Batam dalam waktu dekat ini.

Pelayanan berbentuk aplikasi ini nantinya bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Misalnya seperti antrian yang cukup panjang, mengingat banyaknya pasien yang berobat sehingga waktu tunggunya lebih lama,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi kepada batamnews.co.id, Sabtu (7/7/2018) melalui sambungan telepon.

Lanjut Didi, dengan aplikasi ini masyarakat yang hendak berobat di puskesmas tidak perlu lagi mengantre lama. 

Cara kerja sistem online ini, dengan cara mendaftar online, sistem akan melakukan penghitungan jarak rumah pasien dengan puskesmas yang di tuju, kondisi lalu lintas (google maps) serta jumlah antrean yang sudah ada. 

"Nah nantinya masyarakat akan mendapatkan nomor antrean dan jam berapa harus datang ke puskesmas. Jadi nggak perlu terburu-buru datang," kata dia.

Sistim Informasi Pelayanan dan Pelaporan terpadu yang digagas olehnya ini, guna mendukung terwujudnya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat, sekaligus merupakan upaya pencapaian Misi 2 RPJMD Kota Batam.

“Dengan adanya layanan seperti ini saya berharap mendapat dukungan dari masyarakat luas. Soalnya penggunaan alat komunikasi berbasis android sudah familiar ditengah-tengah masyarakat Kota Batam, makanya saya terinspirasi,” kata dia.

Didi juga mengingatkan bagi masyarakat yang tidak paham dengan aplikasi ini, akan diberi fasilitas pesan singkat (SMS) gateway. 

“Pendaftaran melalui SMS nantinya akan mendapat jawaban berupa nomor antrean, dan berapa menit lagi akan mendapat pemeriksaan,” ucapnya.

(ude)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews