BTN Targetkan 1.000 Rekening Tabungan Valas di Batam

BTN Targetkan 1.000 Rekening Tabungan Valas di Batam

Direktur Consumer Banking Bank BTN, Budi Satria saat menyerahkan secara simboli tabungan felas kepada Ketua APVA, Amat Tantoso (Foto: Istimewa)

Batam - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk targetkan 1.000 rekening tabungan valutas asing (valas) di Batam. Baik itu berupa Dolar Amerika Serikat maupun Dolar Singapura.

Produk itu bertajuk “Tabungan BTN  Felas”. Dirilis pada awal juni lalu.

Setelah dirilis, BTN gencar melakukan promosi dengan cara sosialisasi lewat acara roadshow.

BTN memilih Batam sebagai kota pertama roadshow. Alasannya karena berbatasan dengan Singapura, sehingga memiliki potensi yang cukup besar.

BTN membidik nasabah ritel dan kalangan asosiasi pedagang valas, perusahaan swasta, pengembang property, notaris dan perusahaan  pariwisata seperti perhotelan.

“Tentunya untuk membuka rekening Tabungan BTN Felas,” ujar Direktur Consumer Banking Bank BTN, Budi Satria di saat acara aktivasi tabungan Felas di Mega Mall Batam, Kepulauan Riau, Jumat (6/7/2018).

BTN berharap, produk ini meningkatkan posisi Dana Pihak Ketiga (DPK) ritel di Provinsi Kepri.

Data per Mei 2018  DPK ritel  sebesar Rp 1,62 triliun atau melompat 188,81 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu Rp 562,3 miliar.  

Budi mengatakan, produk ini sangat cocok bagi pengusaha di bidang ekspor impor yang membutuhkan dana valas yang cukup besar.

“Peluang Tabungan Felas di Batam sangat besar,” katanya.

BTN menyasar nasabah Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) untuk produk ini.

Segmennya yaitu masyarakat kelas menengah ke atas di wilayah perkotaan dengan usia 20-60 tahun.

Bank BTN memberikan keuntungan berupa kurs dan bunga bersaing melalui produk ini.

Produk ini akan dilengkapi kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Nasabah dapat menarik dana di Indonesia maupun di negara luar.

Selain itu juga akan dilengkapi fitur electronic channel untuk kemudahan bertransaksi.

Emiten bersandi saham BBTN ini juga menambah satu jenis mata uang dalam produk Deposito Valas perseroan yakni SGD.

Bank BTN juga menggelar program BTN Felas Mania. Hal ini dilakukan untuk menarik minat nasabah.

Program tersebut menawarkan hadiah langsung. Yaitu berupa cashback bagi 1000 nasabah pertama yang membuka rekening Tabungan BTN Felas.

Program lainnya adalah Felas Lucky Trip yang berlangsung selama periode Juni 2018 hingga Mei 2019. Nasabah dapat mengumpulkan poin untuk meraih hadiah paket travel ke Jepang dan Eropa.

Bank BTN berharap, promo tersebut membantu meraih target  rekening Tabungan BTN Felas sebanyak 50.000 rekening baru.

Nilai tabungan BTN Felas yang diharapkan sekitar 2.028.800 Dolar Amerika dan sekitar 2.028.800 Dolar Singapura.

DPK Ritel Bank BTN Menguat

Diversifikasi produk tabungan ini merupakan upaya Bank BTN menggenjot DPK. Selain itu juga untuks menurunkan low cost funding atau beban bunga.

Hal itu dilakukan melalui beragam produk tabungan maupun program tabungan berhadiah. Seperti Tabungan SIAP!, eBatarapos, dan yang akan segera diluncurkan adalah program Poin Serbu BTN.

Bank BTN membidik target kenaikan DPK sekitar 20-22 persen tahun 2018. Per Mei 2018, pundi-pundi DPK Bank BTN sudah menembus Rp 187,61 triliun.

Dengan kata lain, DPK naik sekitar 17,15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Angka tersebut jauh di atas pertumbuhan industri perbankan yang dicatat Otoritas Jasa Keuangan yaitu hanya  sebesar 6,47 persen year on year (yoy).  

Porsi deposito mencapai Rp 97,04 triliun atau tetap paling dominan atau sekitar 51 persen. Sisanya yaitu tabungan dan giro. Masing-masing porsinya 21 persen dan 28 persen.

Namun yang istimewa dari peningkatan DPK  Bank BTN adalah pada  segmen tabungan tercatat tumbuh signifikan.

“Yaitu sebesar 34,60 persen dibandingkan bulan Mei 2018,” kata Budi.  

Pertumbuhan DPK yang tinggi diharapkan mendorong pertumbuhan kredit Bank BTN. Diharapkan dapat melaju di atas 20 persen.

Sementara itu ketua Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA) Indonesia, Amat Tantoso menyambut baik BTN Felas ini. Ia berharap BTN dapat melayani valuta asing dengan harga bersaing.

“Terkadang kami kesulitan untuk mendapatkan valas bagi tamu-tamu kami,  sekarang sudah bisa dengan BTN,” ujar Amat dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga akan membuka rekening tabungan BTN Felas. Dan disusul ketua Real Estate Indonesia (REI) khusus Batam.


(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews