Cegah Banjir di Daik, Dinas PU Lingga Normalisasi Sungai Seranggung

Cegah Banjir di Daik, Dinas PU Lingga Normalisasi Sungai Seranggung

Kabid SDA di DPUPR-PKP Lingga, Syarifudin (kiri) bersama Ketua TP4D Romula Hasonangan (Kanan) meninjau normalisasi sungai Seranggung (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Untuk mencegah terjadinya banjir di Ibu Kota Kabupaten Lingga, Daik, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga melakukan normalisasi sungai Seranggung.

Kepala DPUPR-PKP Lingga, Said Nursyahdu melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Syarifudin mengatakan, normalisasi sungai Seranggung tersebut saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

"Normalisasi ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh DPUPR-PKP Lingga dalam penanggulangan banjir di Lingga," kata dia ketika ditemui Batamnews.co.id saat monitoring lokasi sungai Seranggung, Kamis (5/7/2018).

Dia menjelaskan, pekerjaan normalisasi sungai Seranggung dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama ini, baru dikerjakan sepanjang 1,2 km.

"Nanti akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. Untuk sungai lainnya kami juga sedang mengupayakan minta bantuan untuk dilakukan normalisasi bersama Dinas PUPR Provinsi dan Satker BWSS IV," ujarnya.

Sementara itu, pada kegiatan monitoring tersebut juga dihadiri Ketua Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Daik Lingga, Romula Hasonangan.

"Ini merupakan monitoring rutin yang kami laksanakan sebagai bagian dari program TP4D untuk mengawal dan mendukung keberhasilan jalannya pembangunan agar tidak ada terjadinya penyimpangan dan kendala di lapangan. Kami juga melakukan pendampingan serupa dengan beberapa OPD lainnya yang ada di Pemkab Lingga," kata Romula.

Diketahui, sebelumnya ketika musim hujan deras melanda Daik Lingga, sungai Seranggung yang berada di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga itu sering meluap, sehingga menyebabkan banjir.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews