Ini Bedanya Selingkuh Pria dan Wanita, Jangan Salah Paham

Ini Bedanya Selingkuh Pria dan Wanita, Jangan Salah Paham

Batam - Selingkuh bisa dilakukan pria maupun wanita. Tetapi, mereka punya alasan dan batasan berbeda.

Whitehead, seperti dikutip dari hellosehatcom, mendefinisikan selingkuh sebagai segala bentuk perilaku yang yang mengarah pada hubungan yang melibatkan orang lain di luar pasangan (suami istri atau kekasih).

Hubungan itu, menurut psikolog AS yang meneliti tentang hubungan tersebut, memberi atau menerima perlakuan yang seharusnya diberikan pada pasangannya.

Hasil studi Perel, seperti dikutip dari idntimescom, sejak 1990 ada peningkatan jumlah perempuan yang selingkuh sebanyak 40 persen. Jumlah laki-laki yang melakukannya tidak mengalami perubahan.

Tetap, kata selingkuh, lebih sering dikaitkan dengan pria yang sering melakukannya.

Sejumlah tulisan menyebutkan, pria dan wanita berbeda dalam hal selingkuh. Informasi yang dihimpun batamnews, berikut perbedaan selingkuh pria dan wanita tersebut.

1. Beda alasan

Seperti dikutip dari hellosehatcom, pria pada umumnya selingkuh karena tertarik secara visual, bosan dengan hubungannya, dan merasa tidak dihargai pasangan.

Menurut sebuah penelitian dilansir dari WebMd, pria akan mencari wanita yang lebih menarik dari pasangannya. Pria akan lebih mudah menemukan wanita lain jika ia terkait lingkungannya sehari-hari.

 Seperti di tempat kerja, di lingkungan pertemanan atau bahkan sampai mencari lewat aplikasi kencan masa kini.

Mengenai perasaan tidak dihargai, ketika pria merasa semua hal diatur, diperintah, dituntut bahkan didominasi oleh pasangan wanita.

Akibatnya, pria merasa tidak memiliki kebebasan dan harga diri,. Pria akan mencari wanita yang bisa menghargai perannya sebagai seorang pria.

Sedangkan bagi wanita, seperti dikutip dari hellosehatcom, mereka selingkuh karena faktor ekonomi, balas dendam, dan merasa kurang kasih sayang.

Memang tak semua wanita itu materialistis. Namun, secara umum, alasan selingkuh ini sering ditemukan pada  fase hubungan perkawinan.

Tak jarang wanita akan mencari pria dengan finansial lebih baik dari pasangan sebelumnya.

Balas dendam memang unsur yang tidak bisa dihilangkan begitu saja jika memang hati Anda pernah terluka. Umunya wanita akan melakukan balas dendam pada lelaki yang sama atau yang berbeda.

Mengenai kurang kasih sayang, alasan ini umum juga bisa terjadi pada pria. Mereka mencari orang lain agar kasih sayangnya terpenuhi.

2. Beda definisi

Seperti dikutip dari hipweecom, bagi wanita, pria yang rajin chatting dengan wanita di luar pasangannya, dia dianggap selingkuh.

Bagi pria, meskipun hal ini bisa jadi langkah awal untuk selingkuh, namun ini belum tentu selingkuh.

Bagi wanita, jalan bareng kadang sudah bisa disebut selingkuh. Bagi pria, jalan bareng bukan selingkuh.

Pria menganggap jalan bareng dengan temannya itu hal yang wajar.

Bagi pria, selama tidak jadian, berarti sebuah hubungan tidak bisa disebut perselingkuhan. Mau itu jalan bareng, nongkrong bareng bahkan tidur bareng.

Karena bagi pria, selingkuh artinya saat seseorang yang sudah punya pasangan berkomitmen lagi dengan yang lain.

Kebalikanya, bagi perempuan, semua hal tentang wanita lain akan dianggap sebagai perselingkuhan. Sekedar memikirkan perempuan lain saja kadang sudah dianggap selingkuh.

Hal ini karena perempuan memandang, perselingkuhan itu dimulai dari pikiran. Saat seseorang sudah memikirkan orang lain, maka dia sudah bisa dianggap selingkuh.

3. Beda perasaaan

seperti dikutip laman Huffingtonpost, dikutip dari liputan6com, peneliti dari Kansas State University menemukan kesedihan yang berbeda antara pria dan wanita bila salah satunya selingkuh.

Laki-laki akan sedih bila pasangannya selingkuh secara fisik sedangkan wanita lebih sedih bila pasangannya selingkuh secara emosional.

Peneliti yang melibatkan 477 orang, masing-masing 238 pria dan 239 pria ini juga diminta untuk mengisi kuesioner dengan berbagai topik seputar selingkuh.

Seperti misalnya pilih mana membayangkan pasangan bercinta dengan orang lain atau membayangkan pasangan pacaran dengan orang lain.

Dari survei tersebut, peneliti menemukan perbedaan dalam ikatan emosional dengan wanita lain.

Pria akan lebih stres bila mengetahui pasangannya bercinta dengan orang lain. Wanita akan stres bila melihat pasangannya baru menjalin kedekatan.

(deb)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews