Kementan Ajak Iran Investasi di Indonesia

Kementan Ajak Iran Investasi di Indonesia

Mentan RI ketika menerima kunjungan Dubes Iran untuk Indonesia (Foto:net/detik)

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Valoillah Mohammadi, di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Jakarta, Selasa (3/7/2018)

Dalam kesempatan tersebut, Amran mengajak Iran untuk berinvestasi dan kerja sama ekspor impor komoditi pangan. 

"Saya ajak investasi di Indonesia, kita bicarakan bagaimana share modalnya. Mereka menawarkan juga gandum dengan harga yang kompetitif dibanding Australia. Sementara kita tawarkan sapi, gula, jagung. Juga edukasi water management dalam hal budidaya gandum," ujar Amran di kantornya, dikutip dari detik.com, Selasa (3/7/2018). 

Dia berharap, pada tahun 2019 mendatang, kerjasama tersebut sudah dapat berjalan.

"Mereka (Kedubes Iran) menanyakan syarat-syarat dari mulai share-nya, dari pengusaha lokal berapa lalu dari pengusaha Iran berapa, dan barang apa saja yang akan didatangkan. Mudah-mudahan tahun depan sudah deal. Agar harga bisa berkompetisi," ujarnya.

Sementara Dubes Iran untuk Indonesia, Valoillah Mohammadi menilai, kerja sama di bidang pertanian dengan Indonesia menjadi penting dan sangat strategis. Pasalnya Indonesia memiliki komoditas pangan yang beraneka ragam.

"Kami menjalani industri gandum yang cukup besar, Indonesia juga memiliki komoditi yang beraneka ragam. Sehingga akan diperlukan kerja sama yang baik," ucap dia.

Iran sendiri berencana akan mengekspor macam-macam buah, kurma, dan beberapa rempah-rempah.

Pada kunjungan ini, Dubes Iran juga berjanji akan mendorong pengusaha-pengusaha Iran untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Ini sejalan dengan program Kementan guna meningkatkan investasi di sektor pertanian.

"Semuanya sudah di diskusikan dengan pemerintah Indonesia. Namun keputusan untuk investasinya sendiri dikembalikan pada para pengusaha kami yang akan berinvestasi di Indonesia," katanya.

Diketahui, selain menerima kunjungan Dubes Iran, diwaktu yang sama Mentan RI juga menerima kunjungan Representatif Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO) untuk Indonesia dan Timor Leste yang baru yakni Stephen Rudgard.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews