Empat Dinas di Bintan Buat Sistem Terintegrasi dan Fleksibel

Empat Dinas di Bintan Buat Sistem Terintegrasi dan Fleksibel

Apri Sujadi, Bupati Bintan (Foto: Istimewa)

Bintan - Kabupaten Bintan sedang melakukan pembenahan untuk menggenjot iklim investasi. Selain itu juga sedang mempersiapkan pembangunan bagi Kabupaten.

Untuk itu, Bupati Bintan Apri Sujadi memerintahkan agar empat kepala dinas (kadis) membuat sistem yang terintegrasi serta fleksibel.

"Kita ingin 4 instansi mengintegrasikan seluruh proses pelayanan administrasi yang ada untuk lebih fleksibel secara online," ujar Apri, Sabtu (30/6/2018).

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang harus menerapkan sistem integrasi itu antara lain, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan. Ia mengharuskan seluruh sistem perijinan berusaha terpadu secara elektronik atau online single submission (OSS) bagi mempermudah perijinan investasi di daerah.

"Pertama saya inginkan sistem perijinan terintegrasi dan felksibel. Semuanya bisa diakses melalui online," katanya.

Kemudian terkait penganggaran keuangan dan pembangunan daerah. Ini harus dibuat lebih transparansi melalui sistem e-budgeting dan e-planning.

Dengan sistem itu, perkembangan perencanaan dan penganggaran serta pelaporan keseluruhannya menjadi lebih terintegrasi dan fleksibel.

Kemudian mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Lalu akuntabilitas pembangunan hingga pelaksanaan akan menjadi lebih terperinci

"Kalau 3 instansi lain. Yaitu Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang), Bagian Kominfo, serta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi (BP2R) sudah mulai dan Mereka harus secepatnya menyelesaikan," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews