7 Fakta E-Money yang Dikeluhkan Warganet Terkait Penerapan di Sri Bintan Pura

7 Fakta E-Money yang Dikeluhkan Warganet Terkait Penerapan di Sri Bintan Pura

Batam - Mulai tangal 15 Juli 2018,  pembayaran pas masuk ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Kepulauan Riau harus  menggunakan electronic money (e-money).

Kebijakan ini ternyata mengundang reaksi pro kontra di kalangan warganet. Banyak  yang protes karena dianggap merepotkan.

Apakah emoney itu? Berikut fakta-fakta yang perlu diketahui tentang emoney.

1. Hadir di Indonesia sejak 2009

eMoney hadir di Indonesia sejak tahun 2009.  Hal ini disahkan melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang uang elektronik (Elektronic Money).

Bank Indonesia per Juli 2016 mencatat, sudah ada 20 penerbit eMoney di Indonesia. Terdiri dari 9 bank dan 11 lembaga selain bank.

2. Mempermudah transaksi

Penggunaan emoney mempermudah transaksi, jadi cepat dan praktis. Pengguna tak perlu repom melakukan transaksi pembayaran dan menyiapkan uang tunai untuk setiap pembelian.

3. Tak perlu lagi tunggu uang kembalian

Pengguna tak perlu lagi berlama-lama menunggu uang kembalian. Tak perlu lagi khawatir dapat kembalian dalam bentuk permen.

Menggunakan eMoney seperti menggunakan kartu debit. Saat pembelian merchant hanya perlu melakukan kliring langsung melalui jaringan komputer.

4. Bisa dipakai transaksi lainnya

Emoney bisa digunakan untuk transaksi massal bernilai kecil. Misalnya untuk naik Trans Jakarta, Kereta Rel Listrik, bayar tol, parkir, fast food dan lainnya.

5. E-money prepaid card

Prepaid card atau elektronik purches merupakan eMoney  dalam bentuk kartu.Contohnya, kartu untuk naik Trans Jakarta atau KRL.

Semua orang bisa membelinya tanpa harus memenuhi syarat apapun.  Tak perlu memiliki rekening bank.

6. E-money prepaid software

Nama lainnya yaitu digital cashdan eWallet. eWallet bisa didapatkan dengan cara mendaftarkannya lewat aplikasi online dengan mengisi identitas pribadi.

Dengan eWallet seseorang bisa melakukan pembayaran tanpa harus mengatakan berapa jumlah data keuangan pribadi Anda.

EWallet juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima transfer uang. Hal ini dilakukan dengan menggunakan alamat email, atau melalui telepon.

7. Belum banyak yang tahu

Penggunaan eMoney di beberapa daerah mulai digencarkan. Di Jakarta, penggunaan eMoney untuk transportasi masal seperti Trans Jakarta diwajibkan.

Namun tak semua warga mematuhinya.

Seperti dikutip dari goukm, bahkan di beberapa terminal busway ada yang menyediakan calo eMoney untuk para warga yang ingin naik busway namun tak memiliki eMoney.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews