ATB Lakukan Peremajaan Meter Air Setelah 5 Tahun Pemakaian

ATB Lakukan Peremajaan Meter Air Setelah 5 Tahun Pemakaian

Salah seorang staff ATB menunjukan salah satu jenis meter air yang disediakan ATB. (foto:ist/batamnews)

Batam - Setiap pelanggan PT Adhya Tirta Batam wajib memiliki meter air. ATB akan melakukan peremajaan meter air yang telah terpasang lebih dari lima tahun. Meteran tersebut perlu dipastikan tingkat keakurasiannya.

“Setiap pelanggan air bersih ATB wajib memasang meter air. Properti milik ATB tersebut, akan diganti secara berkala, oleh petugas ATB, jika sudah tidak akurat. Program peremajaan meter air ini tidak dibebani biaya kepada pelanggan,” ujar Enriqo, Corporate Communication ATB.

Lanjut Enriqo, meter air ini biasanya ditempatkan di halaman depan rumah atau lokasi yang mudah diakses oleh petugas ATB untuk dilakukan pengecekan setiap bulannya.

Tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan air bersih, sangat berguna juga bagi pelanggan. Melalui meter air tersebut pelanggan dapat mengetahui seberapa banyak air bersih yang mereka gunakan setiap bulan. Mereka juga mengawasi data yang dicatat oleh petugas pencatat meter melalui meter air tersebut.

Ada berbagai ukuran meter air yang disediakan ATB. Ada yang berukuran ½ inci, ¾ inci, 1 inci, 1 ½ inci, 2 inci, 3 inci, 4 inci, 6 inci, 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci.

“Meter air tersebut disesuaikan dengan golongan dari setiap pelanggan. Umumnya golongan rumah tangga menggunakan meter air yang berukuran ½ inci,” ujar Enriqo Moreno.

Tak hanya program peremajaan meter air, pelanggan juga dapat mengajukan pemindahan posisi meter air. Ini dikenakan biaya yang berbeda-beda tergantung dari jarak, dan berapa besar ukuran meter air pelanggan tersebut.

“Pemindahan posisi meter air dapat diajukan oleh pelanggan. Biasanya disebabkan karena letaknya tidak lagi terjangkau oleh petugas ATB, yang disebabkan perubahan bangunan,” ujarnya.

Posisi meter air harus ditempatkan di lokasi yang mudah diakses oleh petugas ATB, untuk dilakukan pembacaan meter air setiap bulannya.

“Meter air sebisa mungkin tidak ditempatkan di dalam bangunan, di rumah yang berpagar tinggi, tertimbun tanah, terendam air, atau di tempat yang kotor. Ini menyebabkan rentannya meter air rusak. ATB akan meminta pelanggan untuk memindahkan meter air tersebut ke tempat lain yang lebih baik, dengan biaya pemindahan dari pelanggan,” katanya. 

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews