Pemko Batam Kembali Dapat Kapal Perintis, Ini Rutenya

Pemko Batam Kembali Dapat Kapal Perintis, Ini Rutenya

Kapal pancung masih menjadi andalan transportasi masyarakat hinterland di Batam.

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pemerintah Kota Batam kembali mendapatkan bantuan kapal perintis untuk wilayah penyangga atau hinterland. Ada tiga hingga empat unit kapal perintis yang akan diterjunkan melalui dana alokasi khusus pemerintah pusat.

“Rencananya kapal ini akan melayani dua rute, Pulau Jaloh, Selat Nenek, Temoyong, Pulau Buluh, sampai pelabuhan Sagulung. Rute kedua Pulau Jaloh, Kasu, dan Belakangpadang,” kata Zulhendri di Batam Centre, baru-baru ini.

Menurut Zulhendri, dua rute ini merupakan bagian dari lima rute kapal perintis yang direncanakan Pemerintah Kota Batam. Dua rute ini menjadi prioritas karena banyak penduduk yang tinggal di pulau-pulau tersebut.

Kapal itu setidaknya mempermudah akses masyarakat antar pulau dan menempuh lokasi-lokasi yang tak dilalui kapal penumpang atau pancung masyarakat.

Selain itu juga bisa menekan biaya transportasi untuk distribusi barang dan kebutuhan pokok. “Biaya angkut di laut ini mahal. Dengan adanya kapal ini, diharapkan distribusi barang lancar, sehingga harga kebutuhan pokok juga bisa ditekan,” ujarnya.

Beberapa tahun lalu Batam juga telah mengoperasikan kapal perintis. Namun seiring berjalannya waktu, kapal-kapal tersebut tak jelas ujung pangkalnya. Beberapa kapal perintis rusak dan dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan.

 

[is/snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews