Programmer di Batam dan Tanjungpinang Mendapat Pembekalan Buat Aplikasi

Programmer di Batam dan Tanjungpinang Mendapat Pembekalan Buat Aplikasi

Pihak Facebook dari Singapura memberikan pembekalan kepada programmer (Foto: Margaretha/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Para developer programmer yang ada di Batam dan Tanjungpinang mendapat pembekalan dari Facebook, Glints, dan EDB untuk membuat aplikasi. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Politeknik Negeri Batam, Sabtu (23/6/2018). Dan acara ini didukung oleh Ruang Kreasi Batam.

Kegiatan yang bertajuk Community Challenge Build Days 2018, nantinya para peserta yang ikut terdiri dari pemula dan yang sudah ahli. Setelah mendapat pembekalan setiap peserta akan membentuk kelompok yang bertugas untuk membuat satu aplikasi.

"Setiap kelompok mengembangkan satu aplikasi, syarat wajibnya harus ada tekonlogi facebook yang terkandung dalam aplikasi," ujar Facebook Developer Circles Lead batam, Amirul Fattah.

Selama sehari ini setiap peserta akan dipersiapkan, dan diberikan para mentor yang berasal dari EDB, Facebook, dan Glints. Aplikasi yang akan dibuat khusus untuk menjembatani para komunitas.

"Contohnya komunitas pecinta anjing, dalam aplikasi itu nanti akan berisi konten untuk membantu mencari sponsor, atau mencari komunitas anjing lainnya, jadi aplikasi yang akan dibuat khusus bagi para komunitas," jelas Amirul.

Setiap kelompok akan diberi waktu selama sebulan, sebelum nantinya aplikasi ini diluncurkan.

Aplikasi ini bisa diluncurkan berupa website, Android ataupun IOS. Setelah itu, setiap kelompok yang sudah membuat aplikasi, maka selanjutntya akan dipertandingkan dalam hachkathon.

Hachkathon atau Sebuah pekan retas adalah sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak.

Dalam acara hackathon, biasanya para pemrogram komputer dan orang-orang lain yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras, termasuk desainer grafis.

"Yang terpilih nanti akan ikut lomba tingkat Asia Pasifik," katanya.

Jika nanti para programmer Indonesia dapat memenangkan kompetisi di Asia Pasifik maka akan membawa mendapat uang sejumlah 7.500 dollar atau Rp 90 jutaan.

"Tidak hanya itu, jika sudah memenangkan pertandingan di Asia pasifik, selanjutnya bisa mengikuti pertandingan tingkat global dan jika menang bisa mendapat uang sebesar 30 ribu dollar," jelasnya.

(joy)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews