Dua Wanita Meninggal Diserang DBD di Karimun

Dua Wanita Meninggal Diserang DBD di Karimun

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Dua orang warga di Kabupaten Karimun meninggal dunia dalam sepekan. Dua orang tersebut meninggal disebabkan oleh Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dua orang wanita yang meninggal itu sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karimun. Kedua korban berusia 66 tahun dan 28 tahun, meninggal Dunia pada Jumat (15/6/2018) dan Kamis (21/6/2018) kemarin.

"Saya baru dapat laporan, ada dua orang meninggal dunia akibat DBD. Selainnya itu mereka juga ada mengidap penyakit penyerta," ujar Kepala Dinas Kesehatan Karimun, dr. Rachmadi, Jumat (22/6/2018).

Lanjutnya, dua orang pasien itu juga mengidap penyakit penyerta. diantaranya Sepsis, Infeksi Saluran Kemih (ISK), Penurunan Kesadaran, TB dan Anemia.

"Untuk wanita berusia 66 tahun itu dia juga mengidap sepsis, ISK dan Penurunan Kesadaran. Sedangkan yang usia 28 tahun mengidap TB dan Anemia," katanya.

Dinas Kesehatan Karimun, hinga saat ini telah mencatat sebanyak 43 kasus DBD yang terjadi. Dari jumlah tersebut, dua meninggal dunia.

"43 kasus, dua orang meninggal dunia," ucap Rachmadi

Sementara itu, untuk kasus DBD dari tahun ke tahun di Karimun terus alami penurunan sangat signifikan. Data Dinkes tahun 2016 jumlah kasus 424. Mengalami penurunan pada tahun 2017 dengan 71 kasus. Selanjutnya pada tahun 2018 bulan Juni baru 43 kasus.

"Ini berkat upaya kita bersama masyarakat untuk terus melakukan pencegahan agar DBD ini tidak terus menyebar," ujarnya.

Rachmadi meminta kepada masyarakat untuk terus waspada dengan melakukan 3M plus dan cepat tanggap apabila menemukan gejala- gejala DBD pada anggota keluarga dengan segera melakukan pemeriksaan agar mendapatkan penanganan dari tenaga medis.

"Meski cenderung menurun kita terus waspada, dan segera ke rumah sakit apabila ada menemukan gejala-gejala DBD," katanya.

(edo)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews