11 Jurusan Kuliah Ini Dibutuhkan Dunia Kerja di Tahun 2020

11 Jurusan Kuliah Ini Dibutuhkan Dunia Kerja di Tahun 2020

BATAMNEWS.CO.ID, - Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), ada dua pilihan. langsung bekerja atau kuliah.

Bagi yang memutuskan untuk kuliah, ini artinya adalah saatnya untuk memilih jurusan dan kampus. Jurusan apa yang harus dipilih jika tujuan kuliah untuk mencari pekerjaan?

Macquarie University, peringkat 9 universitas terbaik di Australia dan peraih bintang 5 dari QS World University Ranking, memetakan program studi dan pekerjaan yang paling dibutuhkan pada tahun 2020 mendatang:

1. Teknik Informasi
Dalam lima tahun terakhir, permintaan untuk intelijen dan analis kebijakan data telah tumbuh sebesar 21,4%. Permintaan ini masih jauh dari kebutuhan di berbagai industri.

Termasuk industri teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbankan, keuangan dan akuntansi sehingga kualifikasi keamanan cyber menjadi pilihan karir yang menarik dan menjanjikan. Kesempatan untuk mengembangkan karir di bidang ini sangat luas.

Diperkirakan, permintaan untuk para profesional ICT (informasi, komunikasi dan teknologi) akan meningkat hingga 26,5% pada tahun 2020. Karenanya, mengejar gelar sarjana dalam Teknologi Informasi atau master di Teknologi Informasi merupakan pilihan yang tepat bagi yang tertarik pada bidang ini.

2. Akuntansi, bisnis dan matematika

Tiga jurusan ini akan banyak dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2020. Permintaan untuk profesional akuntansi dan keuangan meningkat sebesar 44% dan akan tumbuh sebesar 22% pada tahun 2020.

Kebutuhan profesional bidan studi matematika dan statistik juga akan meningkat10% untuk tahun 2020. Dua jurusan ini menjadi kebutuhan dalam sektor bisnis dan keuangan terkait dengan pengolahan data di era digital yang semakin berkembang.

3. Ilmu kesehatan dan psikologi
Dua jurusan ini juga akan banyak dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2020 nanti. Diprediksi 40% lebih banyak tenaga profesional layanan kesehatan fisik dan mental akan dibutuhkan pada 2020.

Meningkatnya jumlah dan kepadatan populasi dunia mengiringi meningkatnya pula tenaga profesional bidang kesehatan, baik dokter maupun tenaga medis lain.

Tidak hanya secara medis, peningkatan populasi juga ternyata membawa dampak dan pengaruh pada kesehatan mental. Sarjana psikologi juga akan meningkat kebutuhannya di tahun 2020.

4. Desain komunikasi dan media

Peningkatan kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kreatif sebanyak 15% di tahun 2020 diperkiraan berasal dari bidang periklanan, pemasaran dan juga hiburan. Kombinasi antara kemampuan mengomunikasi pesan dan juga memasarkan menjadi salah satu peluang karir di masa mendatang.

Pilihan program studi seperti desain komunikasi, seni, jurnalistik, film atau bidang lain terkait industri kreatif telah menciptakan peluang kerja yang lebih besar seiring dengan tumbuhnya budaya digital.

5. Teknik, hukum dan guru

Diprediksi kebutuhan insinyur akan meningkat 22% ldi tahun 2020 baik dari jenjang sarjana maupun pascasarjana. Kebutuhan pengacara juga akan meningkat 17,6%.

Pilihan program studi ilmu hukum di tingkat sarjana atau master masih sangat relevan nantinya.

Permintaan profesional bidang pendidikan juga akan terus melampaui profesi lain pada tahun 2020. Permintaan untuk profesional pendidikan usia dini akan meningkat sebesar 27%, dan guru pendidikan sebesar 21%.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews