Demi Bela Israel, AS Rela Keluar dari Dewan HAM PBB

Demi Bela Israel, AS Rela Keluar dari Dewan HAM PBB

Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley, mengumumkan keputusan negaranya untuk keluar dari keanggotaan Dewan HAM PBB. (Reuters/Lucas Jackson)

BATAMNEWS.CO.ID - Amerika Serikat berencana mundur dari Dewan HAM PBB. Menurut pejabat-pejabat Departemen Luar Negeri AS diperkirakan mengumumkan penarikan diri pada Selasa (19/6/2018).

Amerika Serikat memutuskan untuk keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, yang dianggap munafik dalam menjalankan misinya. Reformasi yang dilakukan di tubuh badan PBB tersebut dinilai berjalan di tempat. 

Dilansir dari Reuters, Rabu 20 Juni 2018, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dan Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley mengumumkan hal tersebut pada Selasa waktu setempat. 

Baca juga:

 

Mesir Masih Berharap Salah Bawa Kemenangan

Starbucks Segera Tutup Total 150 Gerai Kopi

 

AS pun ditegaskan mengecam Rusia, China, Kuba, dan mesir yang terus berusaha menggagalkan upaya AS untuk melakukan reformasi di dewan PBB tersebut.

Nikki Haley dijadwalkan akan menyampaikan pernyataan bersama tentang keputusan tersebut.

Haley tahun lalu mengancam bahwa Amerika mungkin akan mundur dari kelompok yang beranggotakan 47 negara itu karena berulangkali mengecam Israel dan menerima negara-negara dengan catatan HAM yang buruk menjadi anggota. 

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews