Semangat Samurai Biru Jepang Tebas 10 Pemain Kolombia

Semangat Samurai Biru Jepang Tebas 10 Pemain Kolombia

Rusia - Timnas Kolombia terpaksa menyerah menghadapi timnas Jepang di laga pertama penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Mardovia Arena, Selasa (19/6/2018). Yuya Osako memastikan Samurai Biru menang 2-1. 

Bertanding dengan 10 pemain sejak menit awal babak pertama tidak membuat Kolombia putus asa. Beberapa serangan terus dilesatkan ke gawang Jepang. Terbukti hanya selisih dua angka jumlah tendangan yang tepat sasaran dibandingkan Jepang.

Sampai turun minum permainan masih imbang 1-1. Sebelumnya Carlos Sanchez harus mengakhiri laga karena dengan sengaja menahan bola tendangan Shinji Kagawa dengan tangannya.

Masuk babak kedua tempo permainnan sedikit  melambat. Stamina Timnas Kolombia terlihat menurun. 

Kondisi itu dimanfaatkan pemain Jepang dengan terus menyerang. Yuya Osaka berhasil membuat Jepang unggul pada menit 72' dengan sundulannya. Skor pun berubah menjadi 2-1. 

Sampai laga berakhir Jepang terus memainkan tempo permainan. Begitu juga dengan Kolombia terus berupaya mengejar ketinggalan. Beberapa pemain Kolombia sempat bermain di depan gawang Jepang, namun semuanya sia-sia. 

Sampai akhir babak kedua Jepang tetap unggul 2-1. Hasil ini merupakan sejarah baru bahwa Jepang menjadi tim pertama dari Asia yang mampu mengalahkan tim asal Amerika Selatan dalam putaran final Piala Dunia.

Semangat pasukan negara matahari terbit itu seperti tak pernah kendur. Dan Jepang pun membuktikan diri sebagai salah satu macan Asia yang patut diperhitung di perhelatan sepakbola terbesar di dunia ini.

Jalannya pertandingan 

Pada menit awal laga berlangsung dengan tempo cepat. Ketika Kolombia sedang mencoba membangun serangan, sebuah kesalahan besar dibuat di lini belakang.

Kesalah itu berawal ketika bek Kolombia Davinson Sanchez salah kontrol berhasil direbut stiker Jepang Yuya Osako. Tembakan sang striker berhasil ditepis penjaga gawang Kolombia David Ospina.

Tidak sampai disampai disitu sikulit bundar memantul tepat ke arah Shinji Kagawa dan langsung melesatkan tembakan.

Tembankan mengarah ke gawang. Tiba-tiba tangan Carlos Sanchez menepis tendangan yang cukup keras itu. Wasit tanpa ampun menunjuk titik putih dan langsung mengeluarkan kartu merah. Ini adalah kartu merah pertama di Piala Dunia 2018.

Kagawa dipercaya sebagai eksekutor dan dengan sempurna menempatkan bola ke kiri bawah gawang Ospina pada menit ketiga. Jepang unggul cepat 1-0. 

Menariknya, Kolombia malah semakin berani menyerang meski tampil dengan 10 pemain. Beberapa serangan terus dilancarkan.

Pada menit ke-12, kemelut di depan gawang Jepang hampir berbuah goal. Ketika Juan Quintero memberikan upan gantung ke Radamel Falcao. Tendangan voli Falcao melesat ke arah gawang Tapi dengan mudahnya Eiji Kawashima menangkap.

Permainan Kolombia sangat berisiko, karena lini belakang mereka menjadi sangat lowong. Hal ini terlihat pada menit ke-15. Berawal dari akselerasi Kagawa, ia memberi umpan kepada Takashi Inui yang kosong. Tapi, sepakan sang pemain masih melebar.

Kolombia bermain cepat dan agresif, sedangkan Jepang lebih sabar dan memainkan tempo. Pertandingan berjalan panas setidaknya sampai menit ke-25.

Pada menit ke-30, Kolombia akhirnya mencoba mencari keseimbangan. Juan Cuadrado dikorbankan dan digantikan oleh gelandang jangkar Wilmar Barrios.

Upaya Kolombia berbuah hasil pada menit ke-38. Juan Quintero akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas akurat mendatarnya. Sepakan sang pemain membuat Kawashima terkejut dan telat dalam mengantisipasi. Babak pertama berakhir 1-1.

Di babak kedua, tempo permainan mulai melambat. Stamina pemain Kolombia mulai menurun. 

Memanfaatkan kondisi itu Jepang kembali unggul setelah memanfaatkan sepak pojok. SundulanYuya Osako di menit 72 berbuah manis.

Sama seperti babak pertama. Kolumbia tidak mudah menyerah. Beberapa kali mereka terus menyerang. Sampai 5 menit tambahan waktu. Jepang dipastikan meraih tiga poin dan bertenger dipuncak grup. 

Susunan Pemain

Kolombia: Ospina; Mojica, Davinson, Murillo, Arias; Sanchez, Lerma; Izquierdo, Quintero, Cuadrado (Barrios 30'); Falcao

Jepang: Kawashima; Nagatomo, Shoji, Yoshida, Sakai; Hasebe, Shibasaki; Inui, Kagawa, Haraguchi; Osako

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews