Piala Dunia 2018 Rusia

Jepang Lesakkan Dua Gol, Kolombia Tertinggal

Jepang Lesakkan Dua Gol, Kolombia Tertinggal

Rusia - Kolombia tertinggal 1-2 melawan Jepang pada babak pertama laga di Grup H Piala Dunia 2018, Selasa (19/6/2018) malam WIB.

Pada laga yang dihelat di Mordovia Arena ini, permainan berjalan dengan tempo cepat dan sejak awal sudah terjadi drama. Menit ketiga Kolombia sudah harus bermain dengan 10 pemain karena kartu merah yang diterima Carlos Sanchez, yang juga berujung penalti.

Jepang sempat unggul lebih dulu lewat eksekusi Shinji Kagawa. Tapi, Kolombia tak kendur dan terus memperlihatkan performa efektif nan agresif. Hingga akhirnya Juan Quintero menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas di menit ke-38.

Di babak kedua, pada menit ke-72 Jepang kembali memimpin setelah sepak pojok dikonversi pemain Jepang menjadi gol. Kolombia kembali tertinggal.

Jalannya Pertandingan

Laga langsung berjalan dengan tempo cepat sejak peluit pertama dibunyikan. Ketika Kolombia sedang mencoba membangun sebuah kesalahan besar dibuat di lini belakang.

Davinson Sanchez salah kontrol dan bola berhasil direbut Yuya Osako. Tembakan sang striker berhasil ditepis David Ospina. Bola pantul mengarah ke Shinji Kagawa yang langsung membuat tembakan kembali.

Tembakan tersebut diblok dengan tangan Carlos Sanchez dan wasit tanpa ampun menunjuk titik putih. Tak berhenti di sana, Sanchez langsung mendapat kartu merah karena dianggap sengaja menghalau dengan tangan. Ini adalah kartu merah pertama di Piala Dunia 2018.

Ini menjadi kartu merah kedua tercepat di Piala Dunia yakni terjadi setelah 2 menit 56 detik. Pada urutan pertama masih bertengger nama Jose Alberto Batista dari Uruguay yang mendapat kartu merah pada detik ke-54, pada Piala Dunia 1986 ketika Uruguay menghadapi Skotlandia.

Kagawa menjadi eksekutor dan dengan sempurna menempatkan bola ke kiri bawah gawang Ospina pada menit ketiga. Jepang unggul cepat 1-0. 

Menariknya, Kolombia malah semakin berani menyerang meski tampil dengan 10 pemain. Pada menit ke-12, Radamel Falcao membuat peluang. Memanfaatkan umpan akuran Juan Quintero, sang pemain menyambut bola dengan tendangan voli. Tapi, sepakannya pelan dan bisa ditangkap Eiji Kawashima.

Permainan Kolombia sangat berisiko, karena lini belakang mereka menjadi sangat lowong. Hal ini terlihat pada menit ke-15. Berawal dari akselerasi Kagawa, ia memberi umpan kepada Takashi Inui yang kosong. Tapi, sepakan sang pemain masih melebar.

Kolombia bermain cepat dan agresif, sedangkan Jepang lebih sabar dan memainkan tempo. Pertandingan berjalan panas setidaknya sampai menit ke-25.

Pada menit ke-30, Kolombia akhirnya mencoba mencari keseimbangan. Juan Cuadrado dikorbankan dan digantikan oleh gelandang jangkar Wilmar Barrios.

Upaya Kolombia berbuah hasil pada menit ke-38. Adalah Juan Quintero yang mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas akurat mendatarnya. Sepakan sang pemain membuat Kawashima terkejut dan telat dalam mengantisipasi. Babak pertama berakhir 1-1.

Di babak kedua, Jepang kembali unggul setelah memanfaatkan sepak pojok. Sundulan pemain Jepang di menit 72 berbuah gol.

Susunan Pemain

Kolombia: Ospina; Mojica, Davinson, Murillo, Arias; Sanchez, Lerma; Izquierdo, Quintero, Cuadrado (Barrios 30'); Falcao

Jepang: Kawashima; Nagatomo, Shoji, Yoshida, Sakai; Hasebe, Shibasaki; Inui, Kagawa, Haraguchi; Osako

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews