Angelina Jolie Berkunjung ke Bekas Kota Isis

Angelina Jolie Berkunjung ke Bekas Kota Isis

Aktris  Hollywood Angelina Jolie berkunjung ke kota Mosul, yang pernah ditetapkan sebagai ibu kota ISIS di Irak.

BATAMNEWS.CO.ID- Aktris Hollywood Angelina Jolie berkunjung ke kota Mosul, yang pernah ditetapkan sebagai ibu kota ISIS di Irak. Kota itu baru bisa dibebaskan dari tangan ISIS pada tahun lalu.

Jolie datang sebagai utusan khusus lembaga pengungsi PBB merasa prihatin dengan kondisi tempat itu.

“Situasi di Mosul sangat mengenaskan. Kalau Anda ke sini, Anda bisa segera mencium bau mayat. Selama ISIS tiga tahun mencaplok kota ini, 900.000 warga terpaksa mengungsi dan mendapat banyak penderitaan,” tuturnya.

Jolie bertemu sejumlah keluarga pengungsi di Mosul barat. Ia juga berjalan melalui jalan-jalan yang dibom ISIS.

Lebih awal Minggu (17/6/2018) Jolie terlebih dulu berkunjung ke kamp pengungsi Suriah Domiz Camp di wilayah semi-otonomi Kurdistan Irak.

Menurutnya dunia gagal menangani krisis pengungsi Suriah yang mayoritas didominasi keluarga sipil, perempuan, dan anak-anak, sehingga mereka menderita.

Baca juga:

 

Seekor Anjing Selamatkan Bungkusan Berisi Mayat Bayi

Berpayudara, Remaja China Dimastektomi

 

“Dana yang diterima UNHCR (komisi tinggi PBB untuk urusan pengungsi) untuk membantu korban konflik Suriah tahun ini turun drastis dibandingkan tahun 2017. Kini, kami hanya memunyai 50 persen dari dana yang dibutuhkan,” kata Jolie seperti diberitakan Reuters.

Pada 2011, kamp pengungsian Domiz yang dikunjungi Jolie hanya terdiri dari tenda-tenda kecil. Kini, kamp itu sudah lengkap dengan rumah-rumah beton, toko, serta warung-warung makanan cepat saji.

Ahmed Hussein, pengungsi yang memunyai 9 orang anak, mengakui kepada Jolie tak memunyai akses terhadap kesehatan dasar serta pekerjaan.

"Akhirnya, satu dari sembilan anakku meninggal dunia di sini. Aku berharap, Jolie bisa membantuku merawat anakku yang cacat,” tuturnya.

Jolie telah bekerja untuk UNHCR sejak 2001. Ia kerap mengunjungi warga sipil yang menjadi pengungsi, mulai dari Irak, Kamboja, hingga Kenya. Ini adalah kali kelima ia mengunjungi Irak.

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews